Latest News

Saturday, July 6, 2013

Tips Terbaik Menanam Dan Budidaya Anggur

Buah anggur adalah merupakan tanaman buah yang berupa perdu merambat yang termasuk kedalam keluarga (Vitaceae) Buah anggur ini biasanya di gunakan untuk membuat Jus anggur, Jelly, Minuman Anggur. Minyak dan biji anggur dan kismis, Atau di namakan langsung. Buah ini juga sangat di kenal karena mengandung banyak senyawa (Polifenol) dan (Resveratol) yang berperan aktif dalam sebagai metabolisme tubuh. Serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit yang lainya. Aktifitas ini juga terkait dengan adanya senyawa (Metabolit Sekunder) Di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa (Antioksidan) yang mampu menangkal radikal Bebas.

Tanaman buah anggur ini telah di budidayakan semenjak tahun (4000 SM) Di timur tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur tersebut menjadi minimum anggur baru di temukan pada tahunn (2500 SM) oleh bangsa mesir. Dan hanya beberapa waktu berselang. Proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia. Yang mulai dari daerah di laut hitam, Spanyol, Jerman, Prancis dan Austria. Penyebaran buah anggur ini berkembang semakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Tips Terbaik Menanam Dan Budidaya Anggur 


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari buah tanaman anggur maka kita harus mengetahui terlebih dahulu Hal-hal apa saja yang mendorong perkembangan tanaman anggur tersebut supaya tumbuh dengan sempurna. Berikut di bawah ini kita akan membahas Beberapa hal penting yang untuk melakukan Tips Terbaik Budidaya Anggur.

Iklim

Tanaman buah anggur sangat baik apabila di tanam di daerah yang memiliki ketinggian tanah yang tidak terlalu tinggi diatas permukaan laut. Seperti : Di tepian pantai yang memiliki musim kemarau yang cukup panjang, Diantaranya (4-7 Bulan).

Hal seperti ini dapat mempengaruhi tanaman buah anggur yang cukup besar pengaruhnya. Yaitu seperti : Angin yang terlalu kencang sangat tidak baik. Dan curah hujan yang baik adalah (800 mm/tahun). Dan sinar matahari yang banyak atau udara yang kering sangat baik untuk pertumbuhan (Vegetative) Dan pembuahan. Serta suhu yang harus Stabil adalah (31 C Pada siang hari) Dan (23 C) Untuk suhu untuk malam hari dengan kelembaban udara (75%-80%).

Media Tanam

Media tanam yang baik untuk tanaman anggur adalah tanah yang mengandung Pasir, Lempung, Gembur, Subur, Dan banyak mengandung humus serta unsure hara yang di butuhkan tanaman anggur. Kemudian untuk derajat keasaman anggur yaitu (7 Netral).

Ketinggian Tempat 

Tanaman anggur akan tumbuh dengan baik apabila di tanam  pada daerah yang memiliki ketinggian tanah (5-1000 m dpl) Dan ketinggian tanah yang baik untuk tanaman anggur jenis (vitis vinivera) yaitu  (1-3000 m dpl). Sedangkan untuk jenis (vitis labrusia) yaitu (1-8000 m dpl).

Persiapan Benih

Benih untuk tanaman anggur dapat di peroleh dengan 2 cara, Generative (Biji) Dan generatif seperti : Cangkok, Setek cabang, Setek mata, Dan penyambungan. Namun, Pengadaan bibit anggur yang cukup mudah adalah dengan setek. Dan bibit setek yang baik mempunyai Ciri-ciri seperti berikut ini.

1. Panjang setek sekitar (25 cm).

2. Yang terdiri dari 2-3 ruas dan diambil dari pohon induk yang telah berumur diatas 1 tahun.

3. Berbentuk bulat berukuran sekitar (1 cm).

4. Kulit berwarna coklat muda dan cerah dengan bagian bawah kulit berwarna hijau, Berair, Dan bebas dari Noda-noda Hitam.

5. Mata tunas yang sehat berukuran besar dan tampak padat, Sedangkan mata tunas yang tidak sehat ukuranya kecil dan ujungnya tampak memutih seperti Kapuk.

Bibit dari setek yang akan di tanam haruslah telah memiliki akar yang cukup panjang, Yaitu sekitar 10 cm dan telah memiliki 2 lembar daun yang telah berkembang penuh.

Tips Menyemai Benih

Berikut ini Tips menyemai benih yang berasal dari benih (vegetative setek).

1. Ranting yang akan di setek di pilih yang sudah berwarna cokelat, Dengan ukuran Kira-kira sebesar (Pensil). Kemudian ranting tersebut Di Potong-potong, Lalu setiap potongan ranting terdiri atas 3 tunas.

2. Bibit di semai terlebih dahulu di lapot atau di tempat yang lain, Dengan waktu selama 5 hari.

3. kemudian pindahkan bibit pada media semai yang lebih besar, Atau memakai polibag dengan media tanam tanah, Pupuk kandang, Dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

4. Setelah daun telah mengembang dengan sempurna, Polibag bisa di pindahkan ketempat yang terkena sinar Matahari.

5. Selama dalam persemaian tanaman anggur di siram di setiap hari, Tetapi jangan sampai air siraman tergenang. Penyemaian di letakkan di tempat yang teduh dan lembab dengan lama waktu 2 bulan. Selama 2 bulan biasanya tanaman anggur biasanya akan tumbuh dan berakar banyak sehingga telah siap untuk di Tanam.

6. Penanaman pada lahan terbuka di lakukan pada awal musim Kemarau.

Tips Langkah-langkah Memperoleh Bibit Dengan Di Cangkok

1. Sediakan media cangkok yang terdiri dari pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan (1 : 1).

2. Pilih ranting yang akan di cangkok yang sudah berwarna cokelat, Dengan ukuran jari kelingking, Dan yang lurus.

3. Kemudian ranting di kupas dengan panjang 3 cm.

4. Lalu bersihkan lender yang menempel pada ranting, Dan biarkan sampai mengering, Setelah kering bungkus dengan media cangkokak dengan ukuran sepanjang tangan. Lalu balutkan dengan bungkus plastik bening dan ikat dengan Raffia.

5. 2 Minggu setelah pencangkokan akar telah mulai tumbuh, Dan 2 minggu selanjutnya cangkokan sudah dapat di potong.

6. Lalu cangkokan di tanam di polibag yang berukuran (20 cm x 20 cm) Selama 2 minggu. Dengan media tanam pasir, Pupuk kandang atau humus dengan perbandingan (1 : 1).

7. Sebelum di pindahkan ke dalam polibag, Platik pembungkus cangkokan di Sayat-sayat agar akar dalam cangkokan tidak terhambat pertumbuhanya.

8. Polibag tersebut harus di siram setiap hari dan di simpan di tempat yang teduh selama 2 minggu. Setelah itu cangkokan setiap di tanam di lahan terbuka atau Kebun.

Pengolahan Lahan Atau Kebun   

Yang pertama lahan haruslah di bersihkan, Kemudian lahan di cangkul supaya gembur dan subur, pH untuk tanaman anggur harus Normal (Tidak terlalu asam atau kurang). Buat jarak tanam dengan ukuran (60 x 60 cm) Dan biarkan lubang tanam supaya terkena sinar Matahri selama (2-4 minggu) Dan jangan sampai lahan tersebut terhalang oleh pohon yang lain untuk mendapatkan sinar matahari yang Penuh.

Cara Menanam Anggur (Memelihara Anggur)

Di setiap bibit di sediakan air supaya tanaman anggur dapat merambat keatas, Dan sediakan juga penopang atau hamparan diatas dengan ketinggian 2 m.

Penyulaman Dan Penjarangan

1. Penyulaman di lakukan apabila ada tanaman yang mati atau sakit, Maka harus segera di ganti, Pemeriksaan ini di lakukan setiap hari pada saat penyiraman di lakukan agar tanaman anggur dapat tumbuh dengan sempurna.

2. Penjarngan di lakukan setelah tanamn anggur mulai berbuah, Hal seperti ini sangtlah penting di lakukan untuk mendapatkan hasil yang baik, Sempurna dan berkualitas. Buah yang di buang yaitu buah yang memiliki Ciri-ciri Seperti berikut.

A. Bertangkai panjang.
B. Bentuk tidak sempurna.
C. Berada di sebelah dalam.
D. Buah terbentuk tampa adanya persarian

3. Penjarangan di lakukan 2 kali, Tahap yang pertama, Dilakukan pada tanaman yang berumur 1 bulan setelah ada pentil. Tahap ke 2, Di lakukan 2 minggu setelah penjarangan tahap pertama.  

4. Agar kualitas buah tetap terjaga tentunya perlu di lakukan pembrongsongan atau (Pembungkusan) buah. pembrongsongan di lakukan apabila dalam 1 dompel atau (Setangkai) Terdapat 2 atau 3 buah yang sudah masak. Dan pembungkusan bisa memakai dengan kertas  semen atau kardus.

Penyiangan

Penyiangan di lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan tanaman dari tanaman pengganggu dan gulma. Agar pupuk yang di berikan tidak diambil oleh tanaman pengganggu tersebut.

Perempalan

Peremplan ini dalah cara untuk membuang tunas yang tidak perlu dan membiarkan satu tunas yang baik sebagai batang pokok. Perempalan terbagi dari 2 bagian, Perempalan betuk, Dan perempalan untuk pembuahan.

Pemupukan

Pemupukan ada 2 masa, Yaitu seperti berikut ini.

1. Pemupukan tanaman muda (0-1 tahun) Umur (0-3 bulan) 10 gram urea di lakukan 10 hari sekali. Dan umur (3-6 bulan) 15 gram urea di lakukan 15 hari sekali. Terus umur (6-12 bulan) 50 gram urea, cara pemberian pupuk dengan larikan melingkar di sekeliling tanaman dengan diameter (10-20 cm).

2. Pemupukan tanaman dewasa (1 tahun - selanjutnya). Dan umur 21 hari sebelum perempaian 5 kaleng pupuk kandang, Kemudian umur 11 hari sebelum perempaian (80 gram TSP) atau (100 gram ZK) dan umur 7 hari sebelum perempaian (100 gram Urea).

Pengaiaran Dan Penyirman 

Hal yang perlu di perhatikan dalam penyiraman adalah : Tanaman tidak suka di genangi air, Tanaman anggur membutuhkan pengairan mulai dari penanaman sampai pemangkasan, Dan menjelang pemangkasan pemberian air di hentikan, Setelah pemangkasan 2-3 hari sebelumnya di beri air kembali sampai ujung ranting, Pemberian air di berikan sampai buahnya hampir masak. Dan setelah buah mulai tua, Pemberian air di hentikan agar buah tidak pecah dan membusuk.

Penyemprotan Pestisida

Penyemprotan insektisida di lakukan untuk mencegah hama yang mengganggu tanaman anggur, Penyemprotan insektisida harus di hentikan 15 hari sebelum masa panen.

Pengturan Bunga  

Setelah 2 minggu pemangkasan pembuahan, cabang tumbuh baru akan mengeluarkan Sulur-sulur pembentukan bunga yang keluar dari mata ke 3,4 dan 5. Apabila ada cabang yang tersier yang tidak mengeluarkan sulur, dapat diadakan pemotongan kembali dengan meninggalkan mata tunas. Hal seperti ini di lakukan untuk merangsang pertumbuhan sulur, cabang tersier yang baru muncul di sisakan 1 sulur saja, Agar menghasilkan rangkaian bunga yang besar dan buah berkualitas dan bermutu tinggi. 

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Tips Terbaik Menanam Dan Budidaya Anggur tersebut, Semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://irianjayasehat.blogspot.com/2013/07/tips-terbaik-menanam-dan-budidaya-anggur.html  

No comments:

Post a Comment

Tags

Kesehatan (237) Tips (146) Alam Nusantara (31) Obat Herbal (29) Kecantikan (19) Manfaat (18) Anti Kanker (7) Diabetes (6) Obat Diabetes (5) Bisul (4) Rematik (4) Asam Urat (3) Bawang Putih (3) Cengkeh (3) Darah Tinggi (3) Daun Sirsak (3) Jahe (3) Kanker (3) Kayu Manis (3) Masuk Angin (3) Obat Jerawat (3) Sakit Gigi (3) Sakit Tenggorokan (3) Stroke (3) Tips / Cara Mudah (3) Akar Pepaya (2) Ambeien (2) Batuk Pilek (2) Ciplukan (2) Demam (2) Garam Dapur (2) Infeksi Kulit (2) Influenza (2) Jeruk (2) Jeruk Nipis (2) Kemoterapi (2) Kolestrol (2) Kulit Manggis (2) Mimisan (2) Sakit Perut (2) Sambiloto (2) Sesak Nafas (2) Tanaman (2) Tempuyung (2) Tulang Kropos (2) Tumor (2) Vitamin (2) Air Lemon (1) Akar Daruju (1) Alkohol (1) Alpukat (1) Ampas (1) Anak Kembar (1) Android (1) Anti Oksidan (1) Batu Empedu (1) Batu Ginjal (1) Bawang Merah (1) Belalai Gajah (1) Bercocok Tanam (1) Buah Pir (1) Buah Pisang (1) Bunga Sepatu (1) Cuka Apel (1) Datang Bulan (1) Daun Bambu (1) Daun Bayam (1) Daun Cabe (1) Daun Dewa (1) Daun Kaktus (1) Daun Mint (1) Daun Pegagan (1) Daun Pisang (1) Daun Salam (1) Daun Sirih (1) Demam Berdarah (1) Diare (1) Ekor Naga (1) Flek Hitam (1) Gelandangan (1) Getah Bening (1) Gondok (1) Gula (1) Header (1) Jambu Mete (1) Kacang Tanah (1) Kalsium (1) Kelapa (1) Kentang (1) Kerja Sama (1) Keseleo (1) Kiwi (1) Kulit Petai (1) Kumis Kucing (1) Lemak Perut (1) Lengkuas (1) Lidah Buaya (1) Luka (1) Manfaat Bawang (1) Masalah Kerongkongan (1) Mata Minus (1) Memar (1) Memori Card (1) Mentimun (1) Merica (1) Mie Palsu (1) Obat Ajaib (1) Obat Kimia (1) Obat Wasir (1) Paru Basah (1) Paru Bash (1) Penghilang Stress (1) Penyakit Kanker (1) Penyakit Kuning (1) Pepaya (1) Pertanian (1) Perut Kembung (1) Pisang (1) Putih Telur (1) Rabun Senja (1) Resep Kembar (1) Sakit Ginjal (1) Sakit Kepala (1) Sariawan (1) Selai Kacang (1) Singkong (1) Stretch Mark (1) Strobery (1) Tebu (1) Tekanan Darah (1) Tenggorokan (1) Tersangkut Tulang Ikan (1) Tolong Menolong (1) Tulang Patah (1)