Latest News

Friday, July 12, 2013

Tips Terbaik Menanam Dan Budidaya Anggur Di Dalam Pot

Buah anggur adalah merupakan tanaman buah yang berupa perdu merambat yang termasuk kedalam keluarga (Vitaceae) Buah anggur ini biasanya di gunakan untuk membuat Jus anggur, Jelly, Minuman Anggur. Minyak dan biji anggur dan kismis, Atau di namakan langsung. Buah ini juga sangat di kenal karena mengandung banyak senyawa (Polifenol) dan (Resveratol) yang berperan aktif dalam sebagai metabolisme tubuh. Serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit yang lainya. Aktifitas ini juga terkait dengan adanya senyawa (Metabolit Sekunder) Di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa (Antioksidan) yang mampu menangkal radikal Bebas.

Tanaman buah anggur ini telah di budidayakan semenjak tahun (4000 SM) Di timur tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur tersebut menjadi minimum anggur baru di temukan pada tahunn (2500 SM) oleh bangsa mesir. Dan hanya beberapa waktu berselang. Proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia. Yang mulai dari daerah di laut hitam, Spanyol, Jerman, Prancis dan Austria. Penyebaran buah anggur ini berkembang semakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Tanaman anggur tersebut selain bisa di tanam di kebun, juga dapat di tanam di dalam Pot. dan tidak hanya cukup dengan keindahan bentuk tanamanya saja yang kita dapatkan, Tetapi keindahanya juga dapat di lengkapi dengan buah yang bergelantungan pada Dahan-dahan kecilnya. Pemandangan yang indah seperti itu dapat kita ciptakan sekitar lingkungan rumah anda. Yang tentunya dengan Tips-tips yang sesuai dengan aturan yang baik dan benar serta memahami karakter tanaman tersebut supaya tidak susah berbuah. 

Tips Terbaik Menanam Dan Budidaya Anggur Di Dalam Pot


Salah satunya kelebihan menanam anggur di dalam Pot ini kita dapat membentuk tanaman tersebut seindah mungkin. Dengan membentuk percabanganya apalagi di tambah dengan munculnya Buah-buah yang terlihat Segar. Walaupun tujuanya untuk menghiasi lingkungan rumah anda atau di jadikan tanaman hias. Namun buah yang di hasilkan dapat juga di nikmati. dtidak hanya itu saja kelebihan dari buah anggur, tanaman anggur dalam Pot yang telah berbuah dan memiliki bentuk yang indah akan memiliki nilai jual yang lumayan tinggi di bandingkan bibit anggur yang hanya di tanam di polibag saja tidak berbentuk.

Berikut di bawah ini lansung saja kita membahas Tips Terbaik Budidaya Anggur Di Dalam Pot.

Pemilihan Pot

1. Langkah awal setelah adanya bibit kita menentukan pot yang akan di pergunakan. Perlu sekali anda ingat, Karena tujuan kita menciptakan keindahan tanaman hias maka pot haruslah yang bagus dan yang baik. Seperti pot dari Semen, pot plastik, atau pot dari tanah. Diameter permukaan pot haruslah lebih besar dari pada permukaan bawah atau sama besarnya.

2. Namun dari berbagai macam jenis bahan pot yang lebih baik untuk tanaman anggur adalah pot yang berbahan dasar Tanah. Hal seperti ini cukup baik pengaruhnya bagi tanaman anggur, Karena pot dari bahan dasar tanah memiliki Pori-pori pada bagian dasarnya yang dapat menyerap Air.

3. Sehingga akar tanaman tidak mudah kekeringan apabila terlambat menyiram dan tidak akan lembab apabila terlalu banyak air penyiraman. Maka anda pergunakanlah pot yang terbuat dari bahan dasar tanah. Untuk menunjang keindahan tanaman, Pot dari bahan dasar tanah tersebut saat ini banyak yang memiliki Ukira-ukiran yang canti pada bagian luarnya.

Media Tanam 

Media tanam yang di pergunakan untuk tanaman anggur di dalam Pot harus seesuai dengan karakteristik Tanaman. Media tanam yang cocok untuk buah anggur adalah dengan pasir dan pupuk kandang. Penjelasanya, karena pasir mudah di tembus oleh air dan akar tanaman anggur. Sebelum di masukkan kedalam Pot, Pasir dan pupuk kandang diaduk terlebih dahulu, Dan untuk lebih bagus lagim, Sepertiga bagian bawah Pot di isi dengan tanah yang gembur, Supaya menghambat keluarnya air dari Pot tersebut.

Tips Menanam Keadalam Pot

Yang pertama masukkan pecahan batu bata atau genting pada dasar Pot. Kemudian masukkan media tanam yang yang telah di campur Rata. Dan isi Pot sampai hampir penuh, Lalu buat lubang tanam pada tengahnya yang lebih besar sedikit dari Polibag yang di pakai Oleh Bibit.

Lalu polibag di lepas dan masukkan bibit tersebut pada lubang yang telah tersedia. kemudian alur posisi tanaman agar terlihat tegak. Dan Tutup permukaan dengan media tanam kembali. Selanjutnya siram tersenut, Jika telah selesai penyiraman maka permukaan tanah akan menurun hingga 5 cm dari bibir Pot. Hal seperti ini terjadi karena pemadatan media tanam. Seterusnya simpan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari secara penuh.

Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman yang di lakukan pada tanaman anggur yang ada di dalam Pot sama juga halnya seperti perawatan anggur yang di tanam di kebun. Namun perwatan tidak sesulit yang di lakukan di daerah kebun. Nah di bawah ini, Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam merawat tanaman anggur dalam Pot tersebut, Antara lain seperti berikut di baah ini :

1. Penyiraman : Untuk melakukan penyiraman tanaman anggur di dalam Pot di lakukan setiap harinya, Dan di waktu Sore hari, Kemudian pada waktu penyiraman haruslah berhati-hati supaya percikan air tidak merusak media tanam yang berupa pasir dan pupuk kandang yang mudah bergerak apabila terkena Air, Dan jangan sampai merubah posisi akar.

2. Pemberian Ajir : Pemberian ajir pada tanaman anggur sangatlah penting, Agar bibit anggur tumbuh Lurus, Ajir bisa berupa kayu atau bilah Bambo setebal 1,5 cm dengan panjang 1 Meter. Ajir ini hanya berfungsi sebagai penyangga bibit sampai datang waktu pemangkasan Pertama.

3. Pada awal penanaman, Bibit anggur di ikat longgar dengan ajir, Dalam pertumbuhanya tanaman anggur dengan sendirinya akan tumbuh memanjat dengan bantuan sulur. Dan untuk memperoleh cabang yang menarik, Pohon anggur haruslah di beri penopang yang berfungsi sebagai panjatan. Panjatan ini di tanam di dalam Pot, Yang berupa bilah bambu setebal 2 cm dengn panjang 1, 5 m yang berupa lilitan Kawat.

4. Satu Pot di beri 4 bilahan bambu yang di tancapkan di pinggir Pot. Penopng bambu ini akan menjadikan tanaman anggur di dalam Pot bisa di lihat dari berbagai arah. Dan bentuk percambahanya pun bisa diatur sehingga dapat berbentuk bulat seperti Bola, Slinder, Paying dan sebagainya.

5. Pemupukan tanaman anggur yang baru di tanam dalam Pot dapat di beri pupuk Urea, Dan dosis yang di berikan cukup 1 sendok makan. Kemudian pupuk tersebut di berikan pada setiap 2 minggu sekali sampai tanaman berumur tiga bulan. Setelah tanaman anggur berumur 3 bulan, pupuk yang di berikan di perbanyak menjadi 2 sendok makan, Dan pupuk di berikan (Sebulan sekali).

Supaya Tanaman Anggur Cepat Berbuah

Hal yang paling penting supaya mempercepat tumbuhnya buah, Yaitu pemangkasan pada ranting yang menyebabkan bunga keluar dari cabang tersier. Ketika cabang tersier sudah berwarna cokelat atau sudah berumur 3 bulan, Pemangkasan boleh di lakukan. Dan pemangkasan hanya di lakukan pada cabang tersier dengan mata tunas menonjol. Pemangkasan ini di lakukan pada ruas ke 4 atau ke 5 dari pangkal cabang.

Pada pemangkasan pertama, Mulai dari bunga yang muncul biasanya masih berukuran Kecil. Dan jumlah mulai beransur-ansur akan bertambah pada pemangkasan ke 2, ke 3, dan seterusnya. Lalu bunga yang muncul setelah pemangkasan Lama-kelamaan akan mekar dan menghasilkan Buah-buah kecil yang berwarna Hijau. Lalu buah ini akan terus berkembang dan mencapai pertumbuhan maksimal setelah 105-110 hari sejak pemangkasan. Pada masa pertumbuhan buah tanaman anggur di dalam Pot perlu di siram setiap hari dan pemupukan di lakukan setiap bulan. Adapun pupuk yang di berikan berupa (NPK) sebanyak 2 sendok makan.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Tips Terbaik Menanam Dan Budidaya Anggur Di Dalam Pot tersebut, Semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://irianjayasehat.blogspot.com/2013/07/tips-terbaik-menanam-dan-budidaya.html

No comments:

Post a Comment

Tags

Kesehatan (237) Tips (146) Alam Nusantara (31) Obat Herbal (29) Kecantikan (19) Manfaat (18) Anti Kanker (7) Diabetes (6) Obat Diabetes (5) Bisul (4) Rematik (4) Asam Urat (3) Bawang Putih (3) Cengkeh (3) Darah Tinggi (3) Daun Sirsak (3) Jahe (3) Kanker (3) Kayu Manis (3) Masuk Angin (3) Obat Jerawat (3) Sakit Gigi (3) Sakit Tenggorokan (3) Stroke (3) Tips / Cara Mudah (3) Akar Pepaya (2) Ambeien (2) Batuk Pilek (2) Ciplukan (2) Demam (2) Garam Dapur (2) Infeksi Kulit (2) Influenza (2) Jeruk (2) Jeruk Nipis (2) Kemoterapi (2) Kolestrol (2) Kulit Manggis (2) Mimisan (2) Sakit Perut (2) Sambiloto (2) Sesak Nafas (2) Tanaman (2) Tempuyung (2) Tulang Kropos (2) Tumor (2) Vitamin (2) Air Lemon (1) Akar Daruju (1) Alkohol (1) Alpukat (1) Ampas (1) Anak Kembar (1) Android (1) Anti Oksidan (1) Batu Empedu (1) Batu Ginjal (1) Bawang Merah (1) Belalai Gajah (1) Bercocok Tanam (1) Buah Pir (1) Buah Pisang (1) Bunga Sepatu (1) Cuka Apel (1) Datang Bulan (1) Daun Bambu (1) Daun Bayam (1) Daun Cabe (1) Daun Dewa (1) Daun Kaktus (1) Daun Mint (1) Daun Pegagan (1) Daun Pisang (1) Daun Salam (1) Daun Sirih (1) Demam Berdarah (1) Diare (1) Ekor Naga (1) Flek Hitam (1) Gelandangan (1) Getah Bening (1) Gondok (1) Gula (1) Header (1) Jambu Mete (1) Kacang Tanah (1) Kalsium (1) Kelapa (1) Kentang (1) Kerja Sama (1) Keseleo (1) Kiwi (1) Kulit Petai (1) Kumis Kucing (1) Lemak Perut (1) Lengkuas (1) Lidah Buaya (1) Luka (1) Manfaat Bawang (1) Masalah Kerongkongan (1) Mata Minus (1) Memar (1) Memori Card (1) Mentimun (1) Merica (1) Mie Palsu (1) Obat Ajaib (1) Obat Kimia (1) Obat Wasir (1) Paru Basah (1) Paru Bash (1) Penghilang Stress (1) Penyakit Kanker (1) Penyakit Kuning (1) Pepaya (1) Pertanian (1) Perut Kembung (1) Pisang (1) Putih Telur (1) Rabun Senja (1) Resep Kembar (1) Sakit Ginjal (1) Sakit Kepala (1) Sariawan (1) Selai Kacang (1) Singkong (1) Stretch Mark (1) Strobery (1) Tebu (1) Tekanan Darah (1) Tenggorokan (1) Tersangkut Tulang Ikan (1) Tolong Menolong (1) Tulang Patah (1)