Latest News

Thursday, September 26, 2013

Manfaat Dari Kandungan Daun Sirih Merah Untuk Mengobati Penyakit

Daun sirih merah (Sirih merah) Adalah tumbuhan yang merambat, Yang di tanam orang karena khasiat pengobatan juga keindahan daunya. Tumbuhan daun sirih merah ini masih berkerabat dekat dengan sirih biasa maupun lada. Nama ilmiah tumbuhan asal sulawesi ini adalah (Piper omatum), Namun beberapa pustaka mengacaukanya dengan (piper crocatum), Tumbuhan yang tidak di budidayakanyang berasal dari benua Amerika. Dan sirih merah tersebut juga dapat di gunakan sebagai obat Diabetes militus, Hepatitis, Asam urat, Batu ginjal, Menurunkan kolesterol, Mencegah strok, Keputihan, Radang prostat, Maag, Kelelahan, Nyeri sendi, Juga memperhalus kulit.

Manfaat Dan Kandungan Daun Sirih merah Untuk Mengobati Penyakit memang telah terkenal dan telah cukup familiar di kalangan pecinta tumbuhan obat Herbal. Tumbuhan daun sirih merah ini memiliki sebutan ilmiah, Sebutan ilmiah daun sirih merah tersebut adalah (Crocatum Piper). Daun sirih merah ini termasuk kedalam jenis tumbuhan anggur, Dan daun dari tumbuhan sirih ini yang berbentuk seperti hati dan berwarna merah Kehijau-hijauan.

Manfaat Dari Kandungan Daun Sirih merah Untuk Mengobati Penyakit


Sirih merah tersebut yang biasanya sangat mudah di kembangkan atau di budidayakan pada daerah yang memiliki dataran yang tinggi. Cara membudidayakan tumbuhan ini juga sangalah mudah, Yaitu hanya tinggal memotong dari bagian batang sirih merah dan di masukkan ke dalam kolibet kemudian di letakkan di area yang lembab serta tidak terkena cahaya matahari secara lansung. Jika di desa yang biasanya di tanam di sekitar pembuangan air orang mandi.

Pada saat penanaman tumbuhan daun sirih merah ini di letakkan pada tempat area yang dapat langsung terjangkau oleh sinar matahari, maka berkemungkinan besar sirih merah ini tidak akan dapat hidup, Sebab batangnya Lama-kelamaan akan mengalami pengeringan, Serta berbagai kandungan sirih merah akan hilang bersama penyusutan batangnya.

Berikut Kandungan Daun Sirih Merah

Tumbuhan daun sirih merah ini mengandung berbagai macam zat kimia, Adapun kandungan yang dapat kita peroleh dari tumbuhan ini adalah seperti adanya kandungan (Allylprokatekol, Alkaloid, Kandungan cineole, Kandungan ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, Minyak astsiri) Dan masih banyak lagi manfaat kandungan dari daun sirih merah tersebut.

Berikut manfaat yang dapat kita ambil dari berbagai zat kimia dan kandungan tumbuhan daun sirih merah untuk kesehatan dan berbagai macam untuk mengobati penyakit.

1. Sirih merah dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia seperti, Dapat memberikan anti kanker alami, antioksidan, sebagai tumbuhan anti-inflantasi anti septic, dan antideabetik. Mengapa daun sirih merah dapat memberikan manfaat sebegitu banyak dan besarnya, Hal ini di karenakan tumbuhan sirih merah mengandung Zat (Flavonoid polivenol).

2. Manfaat daun sirih yang seterusnya dapat memberikan perlindungan bagi tubuh manusia agar proses pertumbuhan yang terjadi pada sel kanker di dalam tubuh dapat tercegah dan terhambat. Hal ini di dasari bahwa daun sirih merah mengandung senyawa kimia yang bernama (alkaloid).

3. Sirih merah ternyata dapat berguna untuk obat alami anti jamur serta dapat di gunakan juga sebagai obat alami (disinfektan). Mengapa demikian, karena daun sirih merah ternyata mengandung Zat (karvakol) Nah Zat inilah yang kemudian memberikan manfaat anti jamur dan desinfektan Alami.

4. Tidak berhenti begitu saja sirih merah juga dapat bermanfaat sebagai salah satu obat alami analgesic atau yang terlebih populer yang sangat di kenal masyarakat sebagai obat alami penenang. Hal ini di perkuat dengan adanya senyawa (eugenol) yang terkandung pada sirih merah tersebut.

5. Kandungan atau senyawa kimia (Tannin), Senyawa kimia ini ternyata memiliki peran untuk kesehatan tubuh manusia, Terutama berguna untuk obat lalami penyembuh diare/mencret Dan bermanfaat baik sebagai tumbuhan herbal antiseptic penyembuh luka sayat.

Selain dari itu manfaat daun sirih merah juga pernah di terapkan di mamalia kecil, Yaitu tikus putih, Sebuah pakar studi mereka pernah membuktikan akan manfaat sirih merah yang di rebus kemudian di minumkan pada seekor tikus yang memiliki penyakit diabetes, Dan hasil tikus tersebut sembuh dari penyakitnya.

Sehingga dari pembuktian diabetes, Membuktikan bahwa rebusan daun sirih merah memang dapat di manfaatkan untuk obat alami pengontrol dan penyembuhan gula darah di dalam tubuh. Walaupun penelitian itu di lakukan pada hewan namun telah terbukti juga pada manusia sebagai obat alami (diabetes mellitus).

Sebenarnya hampir semua manfaat sirih merah telah terpapar diatas Namun jika dilihat dari berbagai kandunganya, Sirih merah ternyata juga dapat di manfaatkan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Adapun penyakit yang bisa di sembuhkan oleh sirih merah adalah Nyeri sendi/pegal linu, Mata merah/Radang mata, Penyakit hipertensi, Liver, Dan masih banyak lagi penyakit yang lainya.

Berikut cara pemanfaatan sirih merah untuk obat herbal dengan cara perebusan, Anda bisa mencobanya dengan Cara-cara di bawah ini :

1. Siapkan bahan : Sediakan daun sirih merah 5 lembar, Nah Kata orang jawa kuno ambil daun sirih yang ketemu ruas.

2. Air 2 gelas, Cara perebusanya : Di cuci terlebih dahulu daun sirih merah yang telah di sediakan hingga Benar-benar bersih. Kemudian masukkan kedalam panci, Lalu di tambahkan air yang telah kita siapkan (2 gelas air). Kemudian di masak di api sedang, dan biarkan hingg mendidih, Sehingga hanya tersisa separohnya saja (1 gelas saja).

3. Kemudian ambil dan saring air rebusan daun sirih merah tersebut dan dinginkan terlebih dahulu, Setelah dingin minum air rebusan sekitar sehari 3 kali perhari, Minum air rebusan daun sirih merah sebelum anda makan.

4. Namun anda juga bisa menambahkan madu secukupnya untuk menghilangkan rasa pahit dari air rebusan sirih merah tersebut.

Sirih Merah Untuk Mengobati Penyakit Diabetes

Selain di komsumsi dengan cara di rebus lansung daun sirih merah juga dapat anda jadikan Teh dulu, Namun teh ini jugadangat bermanfaat, Dan tak kalah manfaatnya jika di rebus langsung. Dan tentunya dengan cara ini lebig praktis.

Berikut cara pembuatan teh untuk mengobati penyakit diabetes adalah :

1. Siapkan daun sirih secukupnya.
2. Kemudian keringkan daun sirih merah tersebut pada terik matahari.
3. Lalu daun yang telah kering itu nantinya dapat anda buat untuk mengobati diabetes.
4. Teduh teh daun sirih merah dengan menggunakan air panas dan diamkan dulu hingga dingin.
5. Komsumsi teh sirih merah ini rutin hingga penyakit diabetes anda beransur hingga sembuh.
6. Apabila telah sembuh maka tidak perlu lagi mengkomsumsi rebusan teh sirih merah tersebut secara rutin. Karena untuk menjaga supaya tidak membahayakan pencernaan anda, Walaupun belum ada studi yang menyatakan demikian.

Dengan Catatan

Apabila anda mengidap penyakit diabetes, tidak dianujurkan untuk menambah Pemanis, Baik itu gula maupun Madu. Dan jika anda telah mendapatkan manfaatnya (Penyakit anda sembuh) Jangan di lanjutkan meminum air rebusan sirih merah tersebut, Karena air rebusan yang di komsumsi secara Terus-menerus dalam jangka waktu lama (Bisa tidak baik juga untuk kesehatan) Yang terutama masalah pencernaan, Hal ini, Di sari sifat tumbuhan ini sebagai (Antiseptic dan antibiotik).

Rebusan daun sirih merah diusahakan juga jangan di komsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Dan juga anak di bawah umur 7 tahun. Walaupun belum ada tudi yang mengatakan bahwa sirih merah berbahaya, Namun alangkah lebih baik mencegah dari pada terjadi yang tidak kita inginkan.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Manfaat Dari Kandungan Daun Sirih merah Untuk Mengobati Penyakit, Semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung  saya http://irianjayasehat.blogspot.com/2013/09/manfaat-dari-kandungan-daun-sirih-merah.html

No comments:

Post a Comment

Tags

Kesehatan (237) Tips (146) Alam Nusantara (31) Obat Herbal (29) Kecantikan (19) Manfaat (18) Anti Kanker (7) Diabetes (6) Obat Diabetes (5) Bisul (4) Rematik (4) Asam Urat (3) Bawang Putih (3) Cengkeh (3) Darah Tinggi (3) Daun Sirsak (3) Jahe (3) Kanker (3) Kayu Manis (3) Masuk Angin (3) Obat Jerawat (3) Sakit Gigi (3) Sakit Tenggorokan (3) Stroke (3) Tips / Cara Mudah (3) Akar Pepaya (2) Ambeien (2) Batuk Pilek (2) Ciplukan (2) Demam (2) Garam Dapur (2) Infeksi Kulit (2) Influenza (2) Jeruk (2) Jeruk Nipis (2) Kemoterapi (2) Kolestrol (2) Kulit Manggis (2) Mimisan (2) Sakit Perut (2) Sambiloto (2) Sesak Nafas (2) Tanaman (2) Tempuyung (2) Tulang Kropos (2) Tumor (2) Vitamin (2) Air Lemon (1) Akar Daruju (1) Alkohol (1) Alpukat (1) Ampas (1) Anak Kembar (1) Android (1) Anti Oksidan (1) Batu Empedu (1) Batu Ginjal (1) Bawang Merah (1) Belalai Gajah (1) Bercocok Tanam (1) Buah Pir (1) Buah Pisang (1) Bunga Sepatu (1) Cuka Apel (1) Datang Bulan (1) Daun Bambu (1) Daun Bayam (1) Daun Cabe (1) Daun Dewa (1) Daun Kaktus (1) Daun Mint (1) Daun Pegagan (1) Daun Pisang (1) Daun Salam (1) Daun Sirih (1) Demam Berdarah (1) Diare (1) Ekor Naga (1) Flek Hitam (1) Gelandangan (1) Getah Bening (1) Gondok (1) Gula (1) Header (1) Jambu Mete (1) Kacang Tanah (1) Kalsium (1) Kelapa (1) Kentang (1) Kerja Sama (1) Keseleo (1) Kiwi (1) Kulit Petai (1) Kumis Kucing (1) Lemak Perut (1) Lengkuas (1) Lidah Buaya (1) Luka (1) Manfaat Bawang (1) Masalah Kerongkongan (1) Mata Minus (1) Memar (1) Memori Card (1) Mentimun (1) Merica (1) Mie Palsu (1) Obat Ajaib (1) Obat Kimia (1) Obat Wasir (1) Paru Basah (1) Paru Bash (1) Penghilang Stress (1) Penyakit Kanker (1) Penyakit Kuning (1) Pepaya (1) Pertanian (1) Perut Kembung (1) Pisang (1) Putih Telur (1) Rabun Senja (1) Resep Kembar (1) Sakit Ginjal (1) Sakit Kepala (1) Sariawan (1) Selai Kacang (1) Singkong (1) Stretch Mark (1) Strobery (1) Tebu (1) Tekanan Darah (1) Tenggorokan (1) Tersangkut Tulang Ikan (1) Tolong Menolong (1) Tulang Patah (1)