Latest News

Sunday, November 17, 2013

Manfaat Buah Nanas Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Nanas atau nenas (Ananas comosus (L) Merr) Adalah sejeins tumbuhan tropis yang berasal dari (Barzil, Bolivia, dan Paraguay). Tumbuhn nanas ini termasuk dalam familia Nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (Habitus) Tumbuhan rendah, Herba (Menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Dalam bahasa inggris buahnya di sebut sebagai (pineapple) Karen bentuknya yang seperti pohon Pinus. Nama nanas berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah nanas tersebut.

Manfaat Buah Nanas Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit


  

Kandungan buah nanas banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan dan mengandung (kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, sekstrosa, sukrosa, juga enzim bromelain). Bromelain tersebut berkhasiat sebagai antiradang, dan membantu melunakkan makanan di lambung, Juga menghambat pertumbuhan Sel-sel kanker. Kandungan seratnya bisa mempermudah membuang air besar pada si penderita sembelit.

Berikut dibawah ini beberapa khasiat buah nanas yang masak.

1. Bersifat dingin.
2. Bisa mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan.
3. Membantu pencernaan makanan di lambung.
4. Antiradang.
5. Peluruh kencing (Diuretik).
6. Membersihkan jaringan kulit yang mati.
7. Mengatasi pertumbuhan Sel-sel kanker.
8. Menghambat penggumpalan trombosit.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan buah nanas sebagai berikut :

1. Air perasan buah nanas (Jus) : Cacingan, Radang tenggorokan, Beri-beri, Menurunkan berat badan, Masalah pencernaan.

2. Daun nanas di cuci bersih, Kemudian di tumbuk hingga halus, Balutkan pada yang sakit untuk luka bakar, Gatal dan bisul.

3. Ketombe : Sediakan 1/4 buah nanas yang masak, kemudian dikupas kulitnya, lalu di parut, peras dan saring. Kemudian tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis lalu aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan pada malan hari sebelum tidur, Dan keesokan paginya keramas dengan shampo, Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

4. Peradangan kulit : Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak, dikupas kulitnya lalu diparut. Kemudian hasil parutan tersebut dipergunakan untuk menggosok kulit yang bersisik dan kulit yang mengelupas. Lakukan 1 kali sehari pada malam hari sebelum tidur. keesokan paginya dicuci bersih. Lalkukan setiap hari hingga sembuh.

5. Sembelit : Minum air perasan dari 3 biah nanas, Namun pilihlah buah nanas yang belum matang (Separoh matang) dengan sedikit Asam.

6. Menurunkan tekanan darah : Buah nanas bermanfaat untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehinggg tidak terjadinya penimbunan pada pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

7. Menurunkan barat badan : Enzim proteiolitik pada pada buah nanas menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuah bersama feses. Selain dari itu, Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas juga menggiatkan proses pembakaran lemaksehingga tidak menumpuk dalam tubuh.

8. Mengobati asam urat : Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat tersebut. Namun jangan mengkomsumsi buah nanas terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat tersebut.

9. Mengatasi gangguan pencernaan : Kandungan serat dan vitamin C pada buah nanas dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk dibuah keluar tubuh. Enzim protease pada bromelainya mampu menceerna protein.

10. Mengatasi perut kembung : Buah nanas mengandung bromelain, Suatu zat yang mampu membantu mencegah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain dari itu bromelain efektif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, Dan mengobati pembengkakan hidung pada saat mengalami infeksi sinusitis. Juga mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

11. Menguatkan tulang : Buah nanas adalah juga salah satu buah yang terkenal untuk membantu menguatkan tulang. Kandungan mangan di dalam buah nanas dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang agar lebih kuat dan padat. Anda bisa memperoleh 73% kebutuhan mangan dengan mengkomsumsi buah nanas dalam sehari.

12. Mencegah batuk akibat flu dan demam : Karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi, Buah nanas mampu membantu memerangi virus penyebab flu, Sekalipun anda sedang menderita penyakiy flu, Cukup efektif memanfaatkan buah nanas sebagai obat alami. Adalah bromelain di dalam buah nanas yang membantu melancarkan dahak sehingga penyakit batuk cepat sembuh.

13. Menjaga kesehatan gigi : Khasiat buah nanas bisa menjaga kesehatan gigi, Karena buah nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu pencegahan plak pada gigi dan penyakit gusi.

14. Untuk Kekebalan tubuh : Manfaat buah nanas bersumber dari kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang ada didalam buah nanas yang berwarna kuning cerah ini. Kedua senyawa tersebut memang telah lama dikenal ampuh menguatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa letih dan lelah.

Efek samping dari buah nanas

1. Nanas yang muda berpotensi sebagai abortivun atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Justru dari itu nanas dapat dipergunakan untuk melancarkan terlambatnya haid, Karena perempuan yang sedang hamil dilarang mengkomsumsi buah nanas muda.

2. Memicu rematik : Didalam saluran cerna buah nanas terfermentasi menjadi alkohol, Hal ini bisa memicu kekambuhan rematik gout, Si penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk tidak mengkomsumsi buah nanas.

3. Meningkatkan gula darah : Buah nanas yang masak mengandung kadar gula yang sangat tinggi, Jadi bagi si penderita diabetes sebaiknya tidak mengkomsumsi buah nanas secara berlebihan atau terlalu banyak, lebih baik tidak mengkomsumsi samasekali.

4. Menimbulkan rasa gatal : Terkadang jika kita sehabis memakan buah nanas yang segar, Mulut dan lidah terasa agak Gatal-gatal. Cara untuk mengatasinya sebelum memakan buah nanas, Rendam terlebih dahulu potongan buah nanas tersebut dengan air garam, 

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Manfaat Buah Nanas Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://irianjayasehat.blogspot.com/2013/11/manfaat-buah-nanas-untuk-mengobati.html 

No comments:

Post a Comment

Tags

Kesehatan (237) Tips (146) Alam Nusantara (31) Obat Herbal (29) Kecantikan (19) Manfaat (18) Anti Kanker (7) Diabetes (6) Obat Diabetes (5) Bisul (4) Rematik (4) Asam Urat (3) Bawang Putih (3) Cengkeh (3) Darah Tinggi (3) Daun Sirsak (3) Jahe (3) Kanker (3) Kayu Manis (3) Masuk Angin (3) Obat Jerawat (3) Sakit Gigi (3) Sakit Tenggorokan (3) Stroke (3) Tips / Cara Mudah (3) Akar Pepaya (2) Ambeien (2) Batuk Pilek (2) Ciplukan (2) Demam (2) Garam Dapur (2) Infeksi Kulit (2) Influenza (2) Jeruk (2) Jeruk Nipis (2) Kemoterapi (2) Kolestrol (2) Kulit Manggis (2) Mimisan (2) Sakit Perut (2) Sambiloto (2) Sesak Nafas (2) Tanaman (2) Tempuyung (2) Tulang Kropos (2) Tumor (2) Vitamin (2) Air Lemon (1) Akar Daruju (1) Alkohol (1) Alpukat (1) Ampas (1) Anak Kembar (1) Android (1) Anti Oksidan (1) Batu Empedu (1) Batu Ginjal (1) Bawang Merah (1) Belalai Gajah (1) Bercocok Tanam (1) Buah Pir (1) Buah Pisang (1) Bunga Sepatu (1) Cuka Apel (1) Datang Bulan (1) Daun Bambu (1) Daun Bayam (1) Daun Cabe (1) Daun Dewa (1) Daun Kaktus (1) Daun Mint (1) Daun Pegagan (1) Daun Pisang (1) Daun Salam (1) Daun Sirih (1) Demam Berdarah (1) Diare (1) Ekor Naga (1) Flek Hitam (1) Gelandangan (1) Getah Bening (1) Gondok (1) Gula (1) Header (1) Jambu Mete (1) Kacang Tanah (1) Kalsium (1) Kelapa (1) Kentang (1) Kerja Sama (1) Keseleo (1) Kiwi (1) Kulit Petai (1) Kumis Kucing (1) Lemak Perut (1) Lengkuas (1) Lidah Buaya (1) Luka (1) Manfaat Bawang (1) Masalah Kerongkongan (1) Mata Minus (1) Memar (1) Memori Card (1) Mentimun (1) Merica (1) Mie Palsu (1) Obat Ajaib (1) Obat Kimia (1) Obat Wasir (1) Paru Basah (1) Paru Bash (1) Penghilang Stress (1) Penyakit Kanker (1) Penyakit Kuning (1) Pepaya (1) Pertanian (1) Perut Kembung (1) Pisang (1) Putih Telur (1) Rabun Senja (1) Resep Kembar (1) Sakit Ginjal (1) Sakit Kepala (1) Sariawan (1) Selai Kacang (1) Singkong (1) Stretch Mark (1) Strobery (1) Tebu (1) Tekanan Darah (1) Tenggorokan (1) Tersangkut Tulang Ikan (1) Tolong Menolong (1) Tulang Patah (1)