Latest News

Wednesday, November 6, 2013

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Kesehatan, Mengobati Penyakit

Jeruk nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah, Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, Yang berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, Dan memiliki diameter 3-6 cm, Memiliki rasa yang asam dan agak Kepahit-pahitan yang menyerupai rasa lemon. Jeruk nipis biasanya digunakan sebagai bahan penyedap makanan dan masakan, Namun siapa yang menyangka dari rasa yang asam tersebut jeruk nipis mengandung beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. 

Sejak dahulu kala jeruk nipis telah di percaya sebagai tanaman yang memiliki berbagai macam manfaat, Meskipun rasanya yang asam dan pahit atau kurang enakapabila di komsumsi secara langsung namun jeruk nipis memiliki beragam khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Selain bermanfaat untuk kesehatan, Jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih karat pada logam. Dan sebagai obat herbal alami jeruk nipis bermanfaat dan berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (Mukolitik), Peluruh kencing (diuretik), dan keringat, Serta membantu proses pencernaan.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Dan Kesehatan


Kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis adalah minyk terbang limonene dan linolool, flavonoid, Seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin, dan naringin. Kandungan buahnya yang masakadalah (synephrine dan N-methyltyramine), selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, b1, dan C, Yang mana asam sitrat pada jeruk nipis mampu mencegah kekembuhan pasa pasien pasca operasi ginjal.

Berikut di bawah ini adalah berbagai manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dan kesehatan serta cara penggunanya.

1. Menurunkan Demam/Panas Pada Saat Malaria : Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd). (Blumea balsamifera L). Dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl). Rebus semua bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, Di saring, Air saringan tersebut di bagi 2, Di minum pagi dan sore hari.

2. Terkilir : 3 buah jeruk nipis dimasak dan banyakkan airnya dibelah menjadi 2, Lalu masukkan kedalam poci lalu di seduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian tutup, Setelah dingin, diambil jeruknya lalu peras dan di saring. Kemudian tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini di pakai untuk mengurut bagian yang terkilir, Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau yang muda. Lakukan 3 kali sehari.

3. Pegal Linu : Cuci daun jeruk nipis, Daun ketepeng cina, Dan daun sambiloto (Masing-masing 1/3 genggam) Dan 10 lembar daun cabai rawit, Tumbuk semua bahan sampai halus, Dan rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasan dapat di gunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit (Pegal Linu).

4. Mengobati Sakit Gigi : Campurkan air jeruk nipis dengan gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak, Masing-masing 1 sendok makan. Dan tambahkan 3/4 cangkir air garam kedalamnya. Kemudian aduk rata, Kemudian peras ramuan tersebut dan di saring. Gunakan air saringan untuk berkumur selama beberapa menit, dan buang. Lakukan 4-6 kali sehari. 
5. Ambeien : Sediakan sebanyak 10 gram akar pohon jeruk nipis di cuci bersih, Kemudian rubus dengan 1 liter air selama 1/2 jam, Lalu di saring, Di minum selagi Hangat-hangat 3 kali sehari.

6. Amandel : Sediakan 3 kulit jeruk nipis di cuci bersih, Di Potong-potong kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, di saring, Air tersebut di pakai untuk berkumur-kumur, Lakukan 3-4 kali sehari.

7. Anyang-anyangan : Dua jeruk nipis di cuci bersih, Di peras lalu di beri gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas, Diaduk Hangtat-hangat, lalu minum sekali sehari.

8. Batuk : Satu jeruk nipis di cuci bersih, Di peras, kemudian dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu saring, diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu, diaduk hingga rata, Di minum 1 kali sehari sampai sembuh.

9. Batuk Disertai Influenza : Potong sebuah jeruk nipis yang masak (Tua) dan yang mengandung air yang cukup banyak, diperas, seduh air perasanya dengan 60 cc air panas, Dan tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan 2 kali sehari sebanyak 2 sendok makan.

10. Bau Badan : Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, Oleskan bagian irisan kapur sirih tipis-tipis, Lalu oleskan ke ketiak setelah mandi, Dan biarkan selama 5 menit lalu bilas. Lalkukan setiap pagi dan sore. Dan 10 daun muda jeruk nipis di tumbuk sampai halus, dilumatkan, Pulung Kecil-kecil seperti pil, Makan 3 kali sehari.

11. Batu Ginjal : 2 butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, Di minum setelah makan malam, Lakukan setiap hari selama 10 hari.

12. Difteri : Dua jeruk nipis di cuci bersih, peras airnya, seduh dengan 1 gelas air panas, Dan di tambah dengan 1 sendok makan madu, Gunakan untuk berkumur-kumur selama 2 menit selagi masih hangat, Lalu minum, Lakukan 3 kali sehari.

13. Demam Atau Flu :  Satu jeruk nipis di cuci bersih lalu di peras, Lalu tambahkan dengan 3 siung bawang merah yang telah di lumatkan, Dan 1 sendok makan minyak kelapa, Lalu oleskan kekening penderita demam.

14. Haid Tidak Teratur : 3 sendok makan air jeruk nipis dan ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata, Minum selagi hangat lakukan 3 kali sehari.

15. Sehabis Melahirkan : 1 sendok makan kapur sirih di tambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung. Diaduk hingga rata, Balurkan pada perut, Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi. Agar perut terhindar dari keriput. Tetap halus dan kempis seperti sediakala.

16. Jerawat : 1 jeruk nipis diiris lalu digosokkan pada kulit wajah yang berjerawat.

17. Mencegah Rambut Rontok Dan Berketombe : Jeruk nipis dipotong menjadi 3 bagian, Oleskan pada kulit kepala hingga rata, Bungkus kepala dengan handuk selama semalam, keramas keesokan harinya, Lakukan 3 kali seminggu.

18. Melembabkan Rambut : 1 butir telur ayam kampung di kocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata, gosokkan pada kulit kepala, kemudian Pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam, Baru di bilas dengan shampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Shampo merang di buat dari 1 ikat merang, Di bakar sampai menjadi arang. bukan abu, Kemudian rendam di dalam air dan biarkan semalaman, Lalu saring, dan shampo merang siap untuk keramas.

19. Menghentikan Kebiasaan Merokok : Iris 1 jeruk nipis, Isap lalu minum air putih, Lakukan beberapa kali sehari. Minimal 2 kali sehari.

20. Vertigo : Setengah genggam daun jeruk nipis di lumatkan, Dan tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, Lalu gosokkan ke tengkuk, pelipis dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

21. Mengatasi Radang Tenggorokan : Potong 3 buah jeruk nipis yang masak, Seduh air perasanya dengan 1/2 cangkir air panas, Dan tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat gunakan ramuan tersebut untuk Berkumur-kumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

22. Lendir Di Tenggorokan : Potong 2 buah jeruk nipis dengan memeras airnya, dan tampung di gelas, Lalu tambahkan sedikit garam, dan aduk sampai rata. Ramuan ini dapat di minum pada saat perut kosong.

23. Melangsingkan Badan : Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis kedalam cangkir air teh hijau, Minum ramuan ini setiap pagi dan sore. Lakukan setiap hari.

24. Menambahkan Stamina : Campurkan 1 butir telur ayam kampung, Air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah, Aduk sampai rata, Kemudian di minum, Lakukan 1 kali dalam seminggu.

25. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi : Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis, Cuci sampai bersih, Kemudian tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin saring air saringanya. Di minum 3 kali sehari 3/4 gelas. Biar lebih mujarap, anda tambahkan sedikit madu asli.

26. Menghilangkan Kurat Dan Panu : Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis) Hingga bersih, Lalu di tumbuk halus, Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap dan panu, Kemudian balut dengan kain perban. Di ganti pembalut 2 kali sehari.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://irianjayasehat.blogspot.com/2013/11/manfaat-jeruk-nipis-untuk-kecantikan.html

No comments:

Post a Comment

Tags

Kesehatan (237) Tips (146) Alam Nusantara (31) Obat Herbal (29) Kecantikan (19) Manfaat (18) Anti Kanker (7) Diabetes (6) Obat Diabetes (5) Bisul (4) Rematik (4) Asam Urat (3) Bawang Putih (3) Cengkeh (3) Darah Tinggi (3) Daun Sirsak (3) Jahe (3) Kanker (3) Kayu Manis (3) Masuk Angin (3) Obat Jerawat (3) Sakit Gigi (3) Sakit Tenggorokan (3) Stroke (3) Tips / Cara Mudah (3) Akar Pepaya (2) Ambeien (2) Batuk Pilek (2) Ciplukan (2) Demam (2) Garam Dapur (2) Infeksi Kulit (2) Influenza (2) Jeruk (2) Jeruk Nipis (2) Kemoterapi (2) Kolestrol (2) Kulit Manggis (2) Mimisan (2) Sakit Perut (2) Sambiloto (2) Sesak Nafas (2) Tanaman (2) Tempuyung (2) Tulang Kropos (2) Tumor (2) Vitamin (2) Air Lemon (1) Akar Daruju (1) Alkohol (1) Alpukat (1) Ampas (1) Anak Kembar (1) Android (1) Anti Oksidan (1) Batu Empedu (1) Batu Ginjal (1) Bawang Merah (1) Belalai Gajah (1) Bercocok Tanam (1) Buah Pir (1) Buah Pisang (1) Bunga Sepatu (1) Cuka Apel (1) Datang Bulan (1) Daun Bambu (1) Daun Bayam (1) Daun Cabe (1) Daun Dewa (1) Daun Kaktus (1) Daun Mint (1) Daun Pegagan (1) Daun Pisang (1) Daun Salam (1) Daun Sirih (1) Demam Berdarah (1) Diare (1) Ekor Naga (1) Flek Hitam (1) Gelandangan (1) Getah Bening (1) Gondok (1) Gula (1) Header (1) Jambu Mete (1) Kacang Tanah (1) Kalsium (1) Kelapa (1) Kentang (1) Kerja Sama (1) Keseleo (1) Kiwi (1) Kulit Petai (1) Kumis Kucing (1) Lemak Perut (1) Lengkuas (1) Lidah Buaya (1) Luka (1) Manfaat Bawang (1) Masalah Kerongkongan (1) Mata Minus (1) Memar (1) Memori Card (1) Mentimun (1) Merica (1) Mie Palsu (1) Obat Ajaib (1) Obat Kimia (1) Obat Wasir (1) Paru Basah (1) Paru Bash (1) Penghilang Stress (1) Penyakit Kanker (1) Penyakit Kuning (1) Pepaya (1) Pertanian (1) Perut Kembung (1) Pisang (1) Putih Telur (1) Rabun Senja (1) Resep Kembar (1) Sakit Ginjal (1) Sakit Kepala (1) Sariawan (1) Selai Kacang (1) Singkong (1) Stretch Mark (1) Strobery (1) Tebu (1) Tekanan Darah (1) Tenggorokan (1) Tersangkut Tulang Ikan (1) Tolong Menolong (1) Tulang Patah (1)