Latest News

Saturday, November 2, 2013

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Seledri adalah sayuran daun dan juga tumbuhan obat yang biasa dipergunakan sebagai bumbu masakan. Ada beberapa negara termasuk juga negara Jepang, Cina dan Korea yang mempergunakan bagian tangkai daun sebagai Bahan-bahan makanan. Di negara Indonesia tumbuhan seledri tersebut di perkenalkan oleh penjajah belanda dan dipergunakan daunya untuk penyedap Sup dan sebagai lalap. Penggunaan daun seledri ini paling lengkap adalah di negara Eropa, Daun, Tangkai, Buah, Umbinya, semuanya dapat di manfaatkan. Daun seledri telah dikenal semenjak ribuan tahun yang lalu sebagai unsur pengobatan dan penyedap makanan, masakan. Seledri adalah terna kecil, kurang dari 1 m tingginya, Daun seledri tersusun gemuk dengan tangkai pendek.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh


Daun seledri memiliki nama latin Apium graveolens L dan termasuk kedalam famili Apiaceae atau suku Adas-adasan. Seledri satu suku dengan wortel dan adas pulosari. Daun seledri telah sejak lama dipergunakan sebagai bahan penyedap makanan, Karena aromanya yang khas harum dan menggugah selera makan. Bahkan di negara Eropa dan negara Jepang tanaman seledri tersebut sangat di manfaatkan, Sebab mereka telah biasa menjadikan batang, daun, bunga dan biji seledri sebagai bahan penyedap makanan.

Tanaman seledri dikenal semenjak zaman penjajahan indonesia oleh Belanda, Yang pada itu penjajahan belanda menggunakan seledri untuk penyedap makanan yang berkuah seperti Sup. Pada saat ini seledri merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masakan Dunia. Selain dari manfaat seledri untuk bahan penyedap makanan, Seledri juga bermanfaat untuk sebagai tanaman obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Hal tersebut karena seledri mengandung Senyawa-senyawa yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Berikut di bawah ini ada beberapa senyawa yang terkandung di dalam daun seledri dan khasiat untuk kesehatan tubuh :

1.Senyawa L-triptofan : Antioksidan, Mencegah aterosklerosis dengan cara menghambat proses oksidatif.

2. Semyawa 3-n-butilpthalida : Yang menurunkan tekanan darah, Anti peradangan akibat infeksi, Anti kejang, Dan menurunkan kadar kolesterol darah.

3.Vitamin : Dalam 100 gram seledri terkandung 494 IU vitamin A, Semakin hijau daunnya semakin tinggi kandungan vitamin A di dalam daun seledri tersebut. Vitamin yang lain didalam daun seledri antara lain adalah, Vitamin C, B1, Dan B2.

4.Senyawa poliasetilena : Yang bersifat racun bagi bakteri dan jamur, Sehingga digunakan sebagai tanaman obat semenjak abat pertengahan. Diantara untuk obat anti peradangan akibat infeksi.

5. Serat : Mencegah kegemukan, Jenis seratnya butuh waktu lebih lama untuk dicerna, Sehingga membuat rasa kenyang.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari daun seledri, Dapat di lakukan dengan cara merebus dan mengambil sarinya, dimasak, dimakan Mentah-mentah, atau di Jus. Berikut di bawah ini ada beberapa manfaat kandungan daun seledri yang sangat baik untuk kesehatan.

1. Sebagai Antiinflamasi : Daun seledri juga mengandung zat anti-inflamasi, Serta efektif mencegah masalah tulang, Seperti, osteoartharitis dan nyeri sendi.

2. Sebagai antioksidan : Daun seledri mengandung antioksidan jenis luteolin dan flavonoid yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Luteloin juga bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Memperkuat Tulang : Seledri mengandung vitamin K yang berperan didalam sintesis protein (jenis osteocalcin) sehingga meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh : Seledri kaya dengan Vitamin A dan Vitamin C yang merupakan antioksidan yang penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memungkinkan produksi kolagen yang membantu melindungi otot dan jaringan ikat untuk menjaga kesehatan kulit dan melawan terjangkitnya penyakit.

5. Membantu Mencegah Kanker : Senyawa organik miristisin dalam seledri telah terbukti mampu mencegah perkembangbiakan sel kanker dalam tubuh. Miristisin juga mengaktifkan enzim dan membantu menetralkan senyawa berbahaya tertentu penyebab kanker prostat dan usus.

6. Melindungi Jantung : Tubuh kita manusia menghasilkan asam amino yang di sebut homosistein yang dapat mengganggu fungsi normal pembuluh darah, Dan menyebabkan penyakit (kardiovaskular). Seledri mengandung vitamin B9 atau folat, Yang dapat mengubah asam amino menjadi molekul sederhana sehingga melindungi anda dari serangan jantung, stroke, dan penyakit Kardiovaskular lainya.

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Rambut

Selain seledri untuk kesehatan, Seledri juga bermanfaat dan berkhasiat untuk kecantikan rambut, Seperti, Penyuburan rambut, Dan mengatasi rambut Rontok.

1. Penyuburan Rambut : Sediakan 7-10 helai daun seledri, kemudian di cuci hingga bersih, Lalu di tumbuk halus dan gosokkan ke rambut yang telah di kramas (Di bersihkan), Pijat lembut kulit kepala anda selama 15 menit. Setelah selesai bungkus rambut yang telah di gosokkan seledri lalu diamkan selama 1 Jam. Setel itu, bilas kembali rambut anda dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, Lakukan Langkah-langkah tersebut seminggu 1 kali.

2. Seledri Untuk Mencerahkan Wajah : Caranya dengan memasukkan irisan batang seledri kedalam air panas, Kemudian biarkan hingga dingin, Setelah itu, Airnya di pakai untuk mencuci muka.

3. Mengatasi Rambut Rontok : Sediakan seledri sebanyak 2 genggam, Kemudian bersihkan dan potong Kecil-kecil, Lalu dihaluskan dengan cara di blender, Setelah halus, Simpan seledri yang telah halus sempurna, Kemudian campurkan dengan 1 butir telur yang telah di kocok. Aplikasikan campuran telur dan seledri tersebut di kepala anda lalu pijat lembut selama15 menit, Jika selesai diamkan kurang lebih 1 Jam dan bilas bersih.

4. Meluruskan Rambut Dengan Seledri : Tubuk beberapa batang daun seledri yang masih segar hingga halus, dan tambahkan sedikit air, Kemudian peras untuk mendapatkan sari daun seledri, Lalu simpan di dalam botol dan diamkan selama 1 malam. Lalu gunakan sebagai kreambath pada esok harinya. Jika selesai keramaslah menggunakan shampo.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://irianjayasehat.blogspot.com/2013/11/manfaat-daun-seledri-untuk-kesehatan.html

No comments:

Post a Comment

Tags

Kesehatan (237) Tips (146) Alam Nusantara (31) Obat Herbal (29) Kecantikan (19) Manfaat (18) Anti Kanker (7) Diabetes (6) Obat Diabetes (5) Bisul (4) Rematik (4) Asam Urat (3) Bawang Putih (3) Cengkeh (3) Darah Tinggi (3) Daun Sirsak (3) Jahe (3) Kanker (3) Kayu Manis (3) Masuk Angin (3) Obat Jerawat (3) Sakit Gigi (3) Sakit Tenggorokan (3) Stroke (3) Tips / Cara Mudah (3) Akar Pepaya (2) Ambeien (2) Batuk Pilek (2) Ciplukan (2) Demam (2) Garam Dapur (2) Infeksi Kulit (2) Influenza (2) Jeruk (2) Jeruk Nipis (2) Kemoterapi (2) Kolestrol (2) Kulit Manggis (2) Mimisan (2) Sakit Perut (2) Sambiloto (2) Sesak Nafas (2) Tanaman (2) Tempuyung (2) Tulang Kropos (2) Tumor (2) Vitamin (2) Air Lemon (1) Akar Daruju (1) Alkohol (1) Alpukat (1) Ampas (1) Anak Kembar (1) Android (1) Anti Oksidan (1) Batu Empedu (1) Batu Ginjal (1) Bawang Merah (1) Belalai Gajah (1) Bercocok Tanam (1) Buah Pir (1) Buah Pisang (1) Bunga Sepatu (1) Cuka Apel (1) Datang Bulan (1) Daun Bambu (1) Daun Bayam (1) Daun Cabe (1) Daun Dewa (1) Daun Kaktus (1) Daun Mint (1) Daun Pegagan (1) Daun Pisang (1) Daun Salam (1) Daun Sirih (1) Demam Berdarah (1) Diare (1) Ekor Naga (1) Flek Hitam (1) Gelandangan (1) Getah Bening (1) Gondok (1) Gula (1) Header (1) Jambu Mete (1) Kacang Tanah (1) Kalsium (1) Kelapa (1) Kentang (1) Kerja Sama (1) Keseleo (1) Kiwi (1) Kulit Petai (1) Kumis Kucing (1) Lemak Perut (1) Lengkuas (1) Lidah Buaya (1) Luka (1) Manfaat Bawang (1) Masalah Kerongkongan (1) Mata Minus (1) Memar (1) Memori Card (1) Mentimun (1) Merica (1) Mie Palsu (1) Obat Ajaib (1) Obat Kimia (1) Obat Wasir (1) Paru Basah (1) Paru Bash (1) Penghilang Stress (1) Penyakit Kanker (1) Penyakit Kuning (1) Pepaya (1) Pertanian (1) Perut Kembung (1) Pisang (1) Putih Telur (1) Rabun Senja (1) Resep Kembar (1) Sakit Ginjal (1) Sakit Kepala (1) Sariawan (1) Selai Kacang (1) Singkong (1) Stretch Mark (1) Strobery (1) Tebu (1) Tekanan Darah (1) Tenggorokan (1) Tersangkut Tulang Ikan (1) Tolong Menolong (1) Tulang Patah (1)