Latest News

Thursday, August 1, 2013

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Manusia

Tanaman Buah mengkudu ini adalah tumbuhan yang tumbuh pada dataran Rendah, Dan ketinggianya hingga mencapai 1500 m. Dan tinggi pohonya mencapai 3 Hingga 8 meter. Dan memiliki buah bonggol yang berwarna putih, Juga buahnya merupakan buah majemuk.

 
Dan yang masih mudanya berwarna hijau mengkilap yang memiliki Totol-totol, Lalu jika telah tua menjadi berwarna putih dengan Bintik-bintik hitam. Asal usul buah mengkudu tidak terlepas dengan keberadaan bangsa Polinesia yang menetap pada kepulauwan samudra pasifik. 

Ciri-ciri umum Buah Mengkudu

Pohon mengkudu

Pohon mengkudu tidak terlalu besar, Dan tinggi antara 4-6 m. Batangnya Bengkok-bengkok. Berdahan kaku, Kasar dan memiliki akar tunggang yang tertancap sangat dalam. Kulit batang coklat Keabu-abuan Atau coklat kekuning-kuningan. Berbelah dangkal Tidak berbulu, Dan anak cabangnya Bersegi empat, Tajuknya Suklalu hijau sepanjang tahun. Dan kayunya mudah sekali dibelah setelah dikeringkan. Juga bisa di gunakan untuk menopang tanaman Lada.

Daun Mengkudu

Berdaun tebal yang mengkilap, Daun mengkudu terletak Berhadap hadapan, Ukuran daunya Besar-besar, Tebal dan tunggal, Bentuknya jorong-lanset, Berukuran 15-50 x 5-17 cm. Tepi daunya rata, Ujung lancip pendek, Berukuran 0,5 -2,5 cm, Ukuran daun menumpu yng bervariasi, Berbentuk segitiga lebar, Dan daun mengkudu ini dapat di makan untuk sayuran, Bernilai gizi yang cukup tinggi karena banyak mengandung Vitamin A. Ada juga yang mengatakan bisa menyembuhkan Ambein.

Bunga Mengkudu

Bunganya tersusun majemuk, Perbungaan bertipe bongkol bulat, Dan bertangkai 1-4 cm, tumbuh di ketiak daun menumpu yang berhadapan dengan daun yang tumbuh Normal. Bunga banci, Mahkota bunga putih, Berbentuk corong, Panjang bisa mencapai 1,5 cm. Dan benang sari tertancap di mulut mahkota, Kepala putik berputing dua, Bunga mekar dari kelopak yang berbentuk seperti tandan, Bunganya putih dan harum.

Buah Mengkudu

Buah majemuk, Terbentuk dari Bakal-bakal buah yang menyatu dan bongkol di bagian dalamnya, Dan perkembangan buah bertahap mengikuti proses pemekaran bunga yang di mulai dari bagian ujung bongkol menuju ke pangkal. Diameter 7,5 -10 cm. Permukaan buah majemuk seperti terbagi dalam Sekat-sekat poligonal Atau (Segi banyak) Yang berbintik-bintik dan berkutil yang berasal dari sisa bakal buah Tunggalnya. Berwarna hijau ketika mengkal, Menjelang masak menjadi warna putih Kekuning-kuningan, Dan akhirnya berwarna putih pucat ketika masak. Daging buah lunak, Tersusun dari buah buah batu yang berbentuk piramida dengan dengan daging buah berwarna putih, terbentuk dari masokap, Daging buah banyak mengandung air yang beraroma seperti keju yang busuk atau bau kambing yang timbul karena percampuran antara asam kaprat atau (Asam lemak dengan sepuluh atom karbon), (C10) Asam Kaproat (C6) Dan asam kaprilat (C8) Di duga kedua senyawa terakhir bersifat Antibiotik aktif.

Bagian dari tanaman atau tumbuhan mengkudu tersebut memang sangat sering di manfaatkan adalah dari bagian buahnya, Dan di dalam buah mengkudu ini terdapat kandungan kaya akan Zat-zat yang berfungsi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Nah berikut di bawah ini Kandungan atau Zat-zat yang berfungsi untuk kesehatan tubuh manusia. 

Diantaranya Kandungan dan Zat-zat yang sangat baik untuk kesehatan untuk tubuh manusia berikut di bawah ini.

1. Zat Nutrisi

Di salah satu buah mengkudu terkandung Zat-zat yang sangat di butuhkan sekali oleh tubuh manusia diantaranya adalah, Protein, Vitamin serta banyak mineral yang sangat penting seperti halnya selenium yang merupakan salah satu antioksi serta yang sangat baik dan banyak lagi yang lainya.

2. Senyawa-senyawa yang sangat penting untuk kesehatan seperti :

Terpenoid : Terpenoid ini yang sangat berperan di dalam suatu proses sintesi organik serta sebagai zat pemulihan Sel-sel tubuh Manusia.
Scolopetin : Scolopetin ini berfungsi sebagai anti peradangan serta sebagai obat anti elergi.

3. Zat anti Bakteriai

Pada sari buah mengkudu ini ternyata juga mempunyai kandungan zat anti bakteri, Dan Zat-zat yang mempunyai kagunaan dalam membunuh beberapa bakteri penyebar aneka infeksi pada tubuh, Seperti : Pseudomonas aeruginosa, protens morgana, staphylococcus aureus, Juga terkandung Zat escherichia coi dan bacillus subtilis.

4. Zat Anti Kanker

Zat anti kanker ini berfungsi efektif untuk melawan berbagai Sel-sel abnormal.

5. Kandungan Zat asetil

Zat asetil ini sangat berperan penting juga untuk mematikan Kuman-kuman dalam tubuh manusi.

6. Kandungan Zat moridon

Zat moridon ini sangat berperan penting dalam melancarkan proses buang air besar.

7. Kandungan Zat soranjidiol

Zat soranjidiol ini berperan penting untuk melancarkan proses buang air kecil.

8. Kandungan Zat terpenes

Terpenes ini mempunyai peranan penting meremajakan Sel-sel yang ada dalam tubuh manusia

Manfaat Dari Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh Manusia, Berikut di bawah ini :

  1. Buah mengkudu ini berperan penting untuk meningkatkan imun tubuh atau yang bisa di sebut daya tahn tubuh, Karena didalam buah mengkudu tersebut mengandung zat Antioksidan yang alami.
  2. Buah mengkudu dapat mencegah penyebaran berbagai sel kanker yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.
  3. Buah mengkudu bisa juga mencegah penyakit tumor
  4. Buah mengkudu bisa juga digunakan sebagai obat herbal guna untuk menyembuhkan penyakit batuk, Demam, Serta sakit perut dan mules.
  5. Buah mengkudu ini Berfungsi juga untuk obat herbal pereda rasa nyeri.
  6. Buah mengkudu dapat menormalkan tekanan darah dalam tubuh manusia.
  7. Buah mengkudu juga dapat mengontrol berbagai fungsi Sel-sel yang ada dalam tubuh.
  8. Dan mempermuda berbgai Sel-sel jringan tubuh yang telah rusak sehingga kembali Normal.
  9. Dan berguna untuk menetralkan Radikal bebas.
  10. Malancarkan saluran pencernaan yang ada dalam tubuh manusia.
  11. Sebagai obat herbal mengatasi Diabetes.
  12. Meningkatkan kekuatan dan kesehatan jantung manusia.
  13. Penambah dan meningkatkan Energi Manusia.
Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Manfaat Dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan tersebut, Semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://irianjayasehat.blogspot.com/2013/05/manfaat-dan-khasiat-buah-mengkudu-untuk.html   

No comments:

Post a Comment

Tags

Kesehatan (237) Tips (146) Alam Nusantara (31) Obat Herbal (29) Kecantikan (19) Manfaat (18) Anti Kanker (7) Diabetes (6) Obat Diabetes (5) Bisul (4) Rematik (4) Asam Urat (3) Bawang Putih (3) Cengkeh (3) Darah Tinggi (3) Daun Sirsak (3) Jahe (3) Kanker (3) Kayu Manis (3) Masuk Angin (3) Obat Jerawat (3) Sakit Gigi (3) Sakit Tenggorokan (3) Stroke (3) Tips / Cara Mudah (3) Akar Pepaya (2) Ambeien (2) Batuk Pilek (2) Ciplukan (2) Demam (2) Garam Dapur (2) Infeksi Kulit (2) Influenza (2) Jeruk (2) Jeruk Nipis (2) Kemoterapi (2) Kolestrol (2) Kulit Manggis (2) Mimisan (2) Sakit Perut (2) Sambiloto (2) Sesak Nafas (2) Tanaman (2) Tempuyung (2) Tulang Kropos (2) Tumor (2) Vitamin (2) Air Lemon (1) Akar Daruju (1) Alkohol (1) Alpukat (1) Ampas (1) Anak Kembar (1) Android (1) Anti Oksidan (1) Batu Empedu (1) Batu Ginjal (1) Bawang Merah (1) Belalai Gajah (1) Bercocok Tanam (1) Buah Pir (1) Buah Pisang (1) Bunga Sepatu (1) Cuka Apel (1) Datang Bulan (1) Daun Bambu (1) Daun Bayam (1) Daun Cabe (1) Daun Dewa (1) Daun Kaktus (1) Daun Mint (1) Daun Pegagan (1) Daun Pisang (1) Daun Salam (1) Daun Sirih (1) Demam Berdarah (1) Diare (1) Ekor Naga (1) Flek Hitam (1) Gelandangan (1) Getah Bening (1) Gondok (1) Gula (1) Header (1) Jambu Mete (1) Kacang Tanah (1) Kalsium (1) Kelapa (1) Kentang (1) Kerja Sama (1) Keseleo (1) Kiwi (1) Kulit Petai (1) Kumis Kucing (1) Lemak Perut (1) Lengkuas (1) Lidah Buaya (1) Luka (1) Manfaat Bawang (1) Masalah Kerongkongan (1) Mata Minus (1) Memar (1) Memori Card (1) Mentimun (1) Merica (1) Mie Palsu (1) Obat Ajaib (1) Obat Kimia (1) Obat Wasir (1) Paru Basah (1) Paru Bash (1) Penghilang Stress (1) Penyakit Kanker (1) Penyakit Kuning (1) Pepaya (1) Pertanian (1) Perut Kembung (1) Pisang (1) Putih Telur (1) Rabun Senja (1) Resep Kembar (1) Sakit Ginjal (1) Sakit Kepala (1) Sariawan (1) Selai Kacang (1) Singkong (1) Stretch Mark (1) Strobery (1) Tebu (1) Tekanan Darah (1) Tenggorokan (1) Tersangkut Tulang Ikan (1) Tolong Menolong (1) Tulang Patah (1)