Latest News

Thursday, August 1, 2013

Manfaat Dan kegunaan Temulawak Untuk kesehatan

Tamulawak ini adalah Tumbuhan obat yang berasal dari seperti negara, Indonesia, Khususnya di pulau jawa,Kemudian menyebar di beberapa tempat pada kawasan wilayah Biogeografi. Sebagian besar budidaya temulawak ini berada di Indnesia, Malaysia, Dan Pilipina. Dan selain di indnesia Temualawak terdapat juga di asia tenggara di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.


Nama daerah di Jawa yaitu temulawak, di Sunda disebut koneng gede, sedangkan di Madura disebut temu labak. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dan berhabitat di hutan tropis. Rimpang temu lawak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur. Berikut di bawah ini Manfaat Dan kegunaan Temulawak Untuk kesehatan

1. Manfaat Dan kegunaan Temulawak : Mengurangi Radang Sendi

Temulawak ini terdapat kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai anti radang yang setara dengan 100 mg fenilbutazon yang bisa mengurangi nyeri dan radang sendi.

Cara kerjanya adalah melalui pengbatan migrasi Sel-sel leukosit kedaerah radang atau melalui penghambatan pembentukan serta Transprtasi mediatr radang yaitu Prostagladin. Dan dari hasil uji klinik menunjukkan adanya perbaikan pada penderita radang sendi.

2. Manfaat Dan kegunaan Temulawak : Menurunkan Lemak Darah

Dari hasil uji pra klinik menunjukkan bahwa Ekstrak Temulawak dan Fraksi Kurkuminoidnya bisa menurunkan kadar kolesterol Total. Trigliserida dan meningkatkan kadar HDL Klesterol. Komponen yang di duga berperan dalam menurunkan lemak darah, Adalah kurkuminoid.

3. Manfaat Dan kegunaan Temulawak : Antioksidan Dan Membantu Pemeliharaan Kesehatan

Kurkumin pada Temulawak berguna sebagai Antioksidan karena mampu menangkap Radikal-radikal bebas oksigen seperti anion Superoksid. Dan radikal hidroksil sehingga membantu memelihara kesehatan.

Cara Pemakaianya Adalah : Gunakan Ektrak kering temulawak, lalu di rebus, Kemudian minum 3 kali sehari, Setiap kalinya Lebih kurang 250-500 mg.

4. Manfaat Dan kegunaan Temulawak : Mengobati Jerawat

Cuci rimpang temulawak sebesar atau selebar satu jari kemudian Di Potong-potong secukupnya, Lalu di rebus Kira-kira 4 gelas air bersih hingga tersisa separuh. kemudian di dinginkan dan di saring, Dan tambahkan madu secukupnya dan minum 2 kali sehari, Setiapkalinya cukup satu gelas saja.

5. Manfaat Dan kegunaan Temulawak : Memelihara Fungsi Hati

Manfaat Temulawak bisa di gunakan untuk memelihara kesehatan fungsi hati karena kandungan kalagoganya. Dimana Kalagganya ini berfungsi untuk prduksi empedu dalam hati dan merangsang pengsongan kandung empedu.

6. Manfaat Dan kegunaan Temulawak : Menambah Nafsu Makan

Secara Klinik di temukan bahwa rimpang temulawak bisa meningkatkan atau memperbaiki nafsu makan. Manfaat ini berkaitan dengan efek minyak atsirinya yang bersifat karminativun.

Nah cara pemakaianya : Sediakan 25 gr Temulawak Dan 10 gr Asam jawa dan gula merah secukupnya lalu di rebus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc jika telah selesai, di saring kemudian di minum.

7. Manfaat Dan kegunaan Temulawak : Memperbaiki Fungsi Pencernaan

Secara pra Klinik di temukan bahwa serbuk rimpang bisa meningkatkan Aktivitas dalam cairan lambung sehingga membantu metabolisme dan mengurangi kntraksi Usus halus.

Berikut Cara Pemakaianya : Sediakan 2 gram rimpang kering atau 8 gram temulawak segar, Kemudian di panasikan rimpang dengan air yang bersuhu 90 drajat selama 15 menit, Lalu di saring dan minum 2-3 kali sehari diantara waktu makan.

Sekian terimakasih karena anda telah membaca artikel Manfaat Dan kegunaan Temulawak Untuk kesehatan ini. Semoga anda terhibur dan sangat bermanfaat buat anda tentunya pengunjung http://irianjayasehat.blogspot.com/2013/04/manfaat-dan-kegunaan-temulawak-untuk.html

No comments:

Post a Comment

Tags

Kesehatan (237) Tips (146) Alam Nusantara (31) Obat Herbal (29) Kecantikan (19) Manfaat (18) Anti Kanker (7) Diabetes (6) Obat Diabetes (5) Bisul (4) Rematik (4) Asam Urat (3) Bawang Putih (3) Cengkeh (3) Darah Tinggi (3) Daun Sirsak (3) Jahe (3) Kanker (3) Kayu Manis (3) Masuk Angin (3) Obat Jerawat (3) Sakit Gigi (3) Sakit Tenggorokan (3) Stroke (3) Tips / Cara Mudah (3) Akar Pepaya (2) Ambeien (2) Batuk Pilek (2) Ciplukan (2) Demam (2) Garam Dapur (2) Infeksi Kulit (2) Influenza (2) Jeruk (2) Jeruk Nipis (2) Kemoterapi (2) Kolestrol (2) Kulit Manggis (2) Mimisan (2) Sakit Perut (2) Sambiloto (2) Sesak Nafas (2) Tanaman (2) Tempuyung (2) Tulang Kropos (2) Tumor (2) Vitamin (2) Air Lemon (1) Akar Daruju (1) Alkohol (1) Alpukat (1) Ampas (1) Anak Kembar (1) Android (1) Anti Oksidan (1) Batu Empedu (1) Batu Ginjal (1) Bawang Merah (1) Belalai Gajah (1) Bercocok Tanam (1) Buah Pir (1) Buah Pisang (1) Bunga Sepatu (1) Cuka Apel (1) Datang Bulan (1) Daun Bambu (1) Daun Bayam (1) Daun Cabe (1) Daun Dewa (1) Daun Kaktus (1) Daun Mint (1) Daun Pegagan (1) Daun Pisang (1) Daun Salam (1) Daun Sirih (1) Demam Berdarah (1) Diare (1) Ekor Naga (1) Flek Hitam (1) Gelandangan (1) Getah Bening (1) Gondok (1) Gula (1) Header (1) Jambu Mete (1) Kacang Tanah (1) Kalsium (1) Kelapa (1) Kentang (1) Kerja Sama (1) Keseleo (1) Kiwi (1) Kulit Petai (1) Kumis Kucing (1) Lemak Perut (1) Lengkuas (1) Lidah Buaya (1) Luka (1) Manfaat Bawang (1) Masalah Kerongkongan (1) Mata Minus (1) Memar (1) Memori Card (1) Mentimun (1) Merica (1) Mie Palsu (1) Obat Ajaib (1) Obat Kimia (1) Obat Wasir (1) Paru Basah (1) Paru Bash (1) Penghilang Stress (1) Penyakit Kanker (1) Penyakit Kuning (1) Pepaya (1) Pertanian (1) Perut Kembung (1) Pisang (1) Putih Telur (1) Rabun Senja (1) Resep Kembar (1) Sakit Ginjal (1) Sakit Kepala (1) Sariawan (1) Selai Kacang (1) Singkong (1) Stretch Mark (1) Strobery (1) Tebu (1) Tekanan Darah (1) Tenggorokan (1) Tersangkut Tulang Ikan (1) Tolong Menolong (1) Tulang Patah (1)