Latest News

Sunday, October 6, 2013

20 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Manusia

Kunyit atau Kunir (Curcuma longa Linn. syn Curcuma domescita Val) Adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman kunyit ini kemudian mengalami penyebaran di daerah Malaysia, Indonesia, Australia, Dan Afrika. Hampir setiap orang Indonedia dan India serta bangsa Asia pada umumnya pernah mengkomsumsi tanaman rempah kunyit tersebut. Baik sebagai pelengkap bumbu masakan, Jamu dan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa banjar kunyit atau kunir tersebut di namakan Janar. Kunyit termasuk dalam kelompok Jahe-jahean, (Zingiberaceae). Kunyit tersebut di kenal sebagai daerah dengan beberapa nama lokal. Seperti : Turmeric (Inggris), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia Dan Malaysia), Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Dan Konyet (Madura).

Kunyit adalah Rempah-rempah yang digunakan dalam masakan di negara Asia, Kunyit sering di pergunakan sebagai bumbu dalam masakan yaitu sejenis gulai, dan juga di gunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, Dan sebagai pengawet produk farmasi berbahan baku kunyit. Dan mampu bersaing dengan berbagai Obat-obatan. Misalnya, Untuk peradangan sendi (arthritis-rheumatoid) atau osteo arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul.  

20 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Manusia

 
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan mendorong perubahan terhadap gaya hidup manusia secara signifikan. dalam segala bidang termasuk dalam perawatan kesehatan kita telah terbiasa menggunakan cara ataupun produk instan yang memang penggunaanya lebih praktis. Sebenarnya hal tersebut Lama-kelamaan akan memberikan efek yang buruk juga bagi tubuh kita manusia, Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa saja mengalihkan perhatian anda kepada Produk-produk herbal yang menggunakan bahan utama beberapa tanaman menjadikan perawatan kesehatan tubuh yang lebih alami.

Salah satu jenis tanaman yang dapat anda pergunakan sebagai altemative perawatan kesehatan adalah Kunyit, Tanaman obat yang satu ini tentu tidak asing lagi buat kesehatan kita, Perananya sebagai salah satu bumbu rempah memang tidak di ragukan lagi, Aroma dan warna yang di hasilkan menjadikan rimpang dari tanaman ini banyak di gunakan para juru masak untuk menngkatkan kualitas rasa dari masakan. Ternyata kunyit juga dapat berperan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Berikut di bawah ini 20 manfaat dan khasiat dari kunyit dengan kandungan sejumlah unsur kimia yang di milikinya untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh :

1. - Kunyit bersifat antiseptic dan antibakteri, dengan kedua sifat ini kunyit dapat berperan sebagai desinfektan untuk luka biasa dan luka bakar.

2. - Kombinasi kunyit dan kembang kol dipercaya dapat mencegah tumbuh dan berkembangnya kanker prostate.

3. - Pada uji coba klinis, Penyuntikan ekstrak kunyit kedalam tikus yang telah di masukkan Sel-sel kanker payudara, menunjukkan bahwa ekstrak tersebut dapat menghentikan penyebaran Sel-sel kanker pada tikus tersebut.

4. - Kunyit dapat melindungi kulit dari serangan kanker kulit dan menyebabkan sel melanoma mati dengan sendirinya.

5. - Dapat mengurangi resiko leukemia.

6. - Sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan racun secara alami dalam hati.

7. - Dapat mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit Alxheimer dengan cara mengurangi penumpukan plak di otak amyloyd.

8. - Dapat mencegah metastatis dari terjadinya berbagai bentuk kanker.

9. - Bermanfaat sebagai obat anti-inflamasi tampa efek samping.

10. - Memperlambat perkembangan multiple sclerosis.

11. - Dapat menghilangkan rasa sakit secara alami.

12. - Dapat membantu dalam metabolisme lemak, dan membantu dalam manajemen berat badan.

13. - Dipergunakan oleh sebagian besar tabib cina sebagai obat depresi.

14. - Dapat di manfaatkan sebagai pengobatan alami untuk arthritis dan rheumatoid arthritis.

15. - Digunakan sebagai obat untuk mengurangi efek dari pengobatan kemotrapi.

16. - Sebagian peneliti bahwa kunyit dapat di gunakan sebagai salah satu obat kanker pancreas.

17. - Studi sedang berlangsung dalam efek positif dan kunyit pada multiple myeloma.

18. - Salah satu hasil penelitian menyebutkan bahwa kunyit dapat menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor.

19. - Dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, Dan membantu dalam remodeling kulit rusak.

20. - Dapat digunakan dalam pengobatan psoriasisdan kondisi kulit inflamasi lainya.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel 20 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Manusia Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya
http://irianjayasehat.blogspot.com/2013/10/20-manfaat-kunyit-untuk-tubuh-manusia.html 

No comments:

Post a Comment

Tags

Kesehatan (237) Tips (146) Alam Nusantara (31) Obat Herbal (29) Kecantikan (19) Manfaat (18) Anti Kanker (7) Diabetes (6) Obat Diabetes (5) Bisul (4) Rematik (4) Asam Urat (3) Bawang Putih (3) Cengkeh (3) Darah Tinggi (3) Daun Sirsak (3) Jahe (3) Kanker (3) Kayu Manis (3) Masuk Angin (3) Obat Jerawat (3) Sakit Gigi (3) Sakit Tenggorokan (3) Stroke (3) Tips / Cara Mudah (3) Akar Pepaya (2) Ambeien (2) Batuk Pilek (2) Ciplukan (2) Demam (2) Garam Dapur (2) Infeksi Kulit (2) Influenza (2) Jeruk (2) Jeruk Nipis (2) Kemoterapi (2) Kolestrol (2) Kulit Manggis (2) Mimisan (2) Sakit Perut (2) Sambiloto (2) Sesak Nafas (2) Tanaman (2) Tempuyung (2) Tulang Kropos (2) Tumor (2) Vitamin (2) Air Lemon (1) Akar Daruju (1) Alkohol (1) Alpukat (1) Ampas (1) Anak Kembar (1) Android (1) Anti Oksidan (1) Batu Empedu (1) Batu Ginjal (1) Bawang Merah (1) Belalai Gajah (1) Bercocok Tanam (1) Buah Pir (1) Buah Pisang (1) Bunga Sepatu (1) Cuka Apel (1) Datang Bulan (1) Daun Bambu (1) Daun Bayam (1) Daun Cabe (1) Daun Dewa (1) Daun Kaktus (1) Daun Mint (1) Daun Pegagan (1) Daun Pisang (1) Daun Salam (1) Daun Sirih (1) Demam Berdarah (1) Diare (1) Ekor Naga (1) Flek Hitam (1) Gelandangan (1) Getah Bening (1) Gondok (1) Gula (1) Header (1) Jambu Mete (1) Kacang Tanah (1) Kalsium (1) Kelapa (1) Kentang (1) Kerja Sama (1) Keseleo (1) Kiwi (1) Kulit Petai (1) Kumis Kucing (1) Lemak Perut (1) Lengkuas (1) Lidah Buaya (1) Luka (1) Manfaat Bawang (1) Masalah Kerongkongan (1) Mata Minus (1) Memar (1) Memori Card (1) Mentimun (1) Merica (1) Mie Palsu (1) Obat Ajaib (1) Obat Kimia (1) Obat Wasir (1) Paru Basah (1) Paru Bash (1) Penghilang Stress (1) Penyakit Kanker (1) Penyakit Kuning (1) Pepaya (1) Pertanian (1) Perut Kembung (1) Pisang (1) Putih Telur (1) Rabun Senja (1) Resep Kembar (1) Sakit Ginjal (1) Sakit Kepala (1) Sariawan (1) Selai Kacang (1) Singkong (1) Stretch Mark (1) Strobery (1) Tebu (1) Tekanan Darah (1) Tenggorokan (1) Tersangkut Tulang Ikan (1) Tolong Menolong (1) Tulang Patah (1)