Latest News

Wednesday, October 30, 2013

Manfaat Dan Kandungan Daun Jarak Untuk Kesehatan

Jarak adalah tumbuhan liar setahun yang biasa di dapati di hutan, Tanah kosong, Di daerah pantai, Namun sering juga di kembangbiakkan dalam perkebunan. Tanaman jarak ini tergolong tanaman perdu, Yang memiliki daun tunggal menjari antara 7-9, berdiameter 10-40 cm. Tumbuhan jarak tersebut merupakan spesies tanaman dari (Euphorbiaceae) Dan tergolong kedalam genus (Ricinus, subtribe Ricininae.

Jarak memiliki batang yang berbentuk bulat licin, berongga, Berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas. Warna tumbuhan hijau bersemburat merah, Sedangkan daunnya tumbuh berseling berbentuk bulat dan ujungnya sedikit meruncing. Yang biasanya daun jarak berwarna hijau tua pada permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawahnya. Buah jarak berbentuk bulat dan berkumpul pada tandanya. Namun ada juga yang berbentuk sedikit melonjong, yang dapat di temukan pada tumbuhan jarak di daearah Bali.

Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan


Biji, Akar, Daun, Dan minyak dari bijinya dapat di manfaatkan untuk kesehatan. Biji jarak yang di buang kulitnya dan dilumatkan hingga menjadi serbuk dapat di tempelkan ke pada tubuh sebagai obat korengan. Sdangkan minyak yang diambil dari bijinya dapat di minum untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anak-anak dan juga orang dewasa. Dan daun dari jarak tersebut berkhasiat juga untuk menyembuhkan penyakit batuk dan sesak nafas. Akarnya bermanfaat juga untuk menjaga stamina tubuh.

Tanaman tersebut merupakan sumber minyak, dan mengandung zat ricin, sejenis racun. Pohon jatak tersebut merupakan Satu-satunya tumbuhan yang bijinya yang kaya akan suatu asam lemak (Hidroksi), Yaitu asam (Ricinoleat). Kehadiran asam lemak tersebut membuat minyak biji jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu yang tinggi sehingga minyak jarak di pergunakan sebagai campuran (Pelumas).

Manfaat Biji, Akar, Daun, Minyak dari biji, Daun Jarak Untuk Kesehatan

Kandungan Kimia :

1. Biji : Minyak ricinic 40-50% dengan kandungan glyceride dari ricinoleic acid, isoricinoleid, acid, oleid acid, dan stearicacid, Juga mengandung ricinine, sejumlah kecil cytochrome C, Lipase dan beberapa enzym. Disamping ricin D, dengan cara pemurnian bertingkat di dapat acidic ricin dan basic ricin.

2. Daun : Kaemferol-3rutinoside, nicotiflorin, isoquercitrin, rutin, kaempferol, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, vit.C 275 mg %.

3. Minyak : Ricinoleicacid 80%, palmitic acid, stearic acid, linoleidacid, linolenic acid, dihydroxystearic acid, triricinolein 68,2%, diricinolein 28%, monoricinolein 2,9%, nonricinolein 0,9%.

4. Akar : Methyltrans-2-decene-4,6,8-triynoate, 1-tridecene-3,5,7,9,11-pentyne, Beta-sitosterol.

Manfaat Dari Pohon Jarak Untuk Kesehatan  

1. Biji 

1. Susah buang air besar (Constipation).
2. Kanker mulut rahim dan kulit (Carsinoma of cervix and skin).
3. Visceroptosis/Gastroptosis.
4. Susah melahirkan dan Retnsi Placenta/Ari-ari (difficult labor and retention of placenta).
5. Kumpulan otot muka (facial nerve paralysis).
6. TBC Kelenjer.
7. Bisul, k.
8. Koreng.
9. Scabies dan infeksi jamur.
10. Bengkak (edema).

2. Daun

1. Koreng.
2. Eczema.
3. Gatal-gatal (pruritus).
4. Batuk sesak.
5. Hernia.

3. Akar

1. Rheumatik sendi.
2. Tetanus.
3. Epilpsi.
4. Bronchitis pada Anak-anak.
5. Luka terpukul.
6. TBC.
7. Schizophrenia (Gangguan jiwa).

4. Minyak

1. Constipasi.
2. Korang.
3. Luka bakar.

Cara Pemakaian Pohon Jarak Untuk Pengobatan

1. Biji 

Koreng : 20 biji di buang kulitnya, di lumatkan menjadi berbentuk bubur, ditambah sedikit garam dan diaduk hingga rata, kemudian templkan kepada tempat yang sakit 2 kali sehari.

Prolapsus uterus dan rectum : Lumatkan biji jarak dan ddi pakai atau di tmpelkan pada titik pai hui yang terletak di kepala.

Kesulitan melahirkan dan retensi placenta : Lumatkan biji jarak dan tempelkan ke titik akupunktur yungchuan (Vlll1= K-1) yang terletak pada Tengah-tengah telapak kaki.

Kelumpukan otot wajah : Lumatkan biji jarak kemudian tempelkan pada sendi mandibular dan lengkungan mulut, Lakukan 1 kali sehari, selama 10 hari.

Kanker cervix : Salep atau crem berisi 3-50/o dan 3% dimethyl sulfoxide, dioleskan pada kanker cervix 1 kali sehari, 5-6 kali/seminggu untuk 1-2 bulan. Dilakukan Bersama-sama dengan penyinaran extracorporal.

2. Daun 

Pemakaian luar : Di rebus airnya untuk mencuci atau di lumatkan (Tempel).

1. Bengkak : Daun di kukus matang, dibungkus di tempat yang sakit.
2. Hernia : Daun tambah sedikit garam dilumatkan, tempelkan pada titik tengah telapak kaki.
3. Koreng : Daunn segar di rendam air panas hingga lemas, dan tempelkan ke tempat yang sakit.

3. Minyak

Constipasi : Anak-anak 4 ml dan sewasa 5-20 ml, di minum pada pagi hari sewaktu perut kosong. Bagi para wanita hamis dan yang sedang haid di larang meminum atau mengkomsumsi. Disebabkan (kongesti ringan pada organ panggul).

4. Akar

15-30 gr akar pohon jarak, rebus, minum. Pemakaian luar, di lumatkan, tempel : Rheumatik persendian, epilepsi (Ayan) 15-30 gr akar di rebus, lalu minum. Pegal-pegal, luka terpukul : 9-12 gram akar kering, direbus.

Gejala keracunan : Sakit kepala, Muntah berak, Panas, leukositosis, gambaran darah putih bergeser kekiri, produksi kencing terhenti, keringat dingin, Kejang-kejang, prostration, meninggal. Meninggal atau kematian dapat terjadi dengan menelan 20 biji jarak pada orang dewasa dan 2-7 biji pada Anak-anak. Menghilangkan racun tersebut dengan cara memanaskan 100 C atau lebih selama 20 menit atau juga di rebus selama 2 jam. Tetapi khasiat anti kanker hilang karena perebusan tersebut.

Efek Samping : Nyeri perut, gatal pada liang kemaluan, gatal seluruh tubuh, eczema, biduran (Urticaria), serak, pembengkakan larynx, gatal pada tenggorokan, pengelupasan kulit telapak tangan dan kaki, mengigil demam, yang hilang dengan Obat-obat symptomatik.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://irianjayasehat.blogspot.com/2013/10/manfaat-dan-kandungan-daun-jarak-untuk.html

No comments:

Post a Comment

Tags

Kesehatan (237) Tips (146) Alam Nusantara (31) Obat Herbal (29) Kecantikan (19) Manfaat (18) Anti Kanker (7) Diabetes (6) Obat Diabetes (5) Bisul (4) Rematik (4) Asam Urat (3) Bawang Putih (3) Cengkeh (3) Darah Tinggi (3) Daun Sirsak (3) Jahe (3) Kanker (3) Kayu Manis (3) Masuk Angin (3) Obat Jerawat (3) Sakit Gigi (3) Sakit Tenggorokan (3) Stroke (3) Tips / Cara Mudah (3) Akar Pepaya (2) Ambeien (2) Batuk Pilek (2) Ciplukan (2) Demam (2) Garam Dapur (2) Infeksi Kulit (2) Influenza (2) Jeruk (2) Jeruk Nipis (2) Kemoterapi (2) Kolestrol (2) Kulit Manggis (2) Mimisan (2) Sakit Perut (2) Sambiloto (2) Sesak Nafas (2) Tanaman (2) Tempuyung (2) Tulang Kropos (2) Tumor (2) Vitamin (2) Air Lemon (1) Akar Daruju (1) Alkohol (1) Alpukat (1) Ampas (1) Anak Kembar (1) Android (1) Anti Oksidan (1) Batu Empedu (1) Batu Ginjal (1) Bawang Merah (1) Belalai Gajah (1) Bercocok Tanam (1) Buah Pir (1) Buah Pisang (1) Bunga Sepatu (1) Cuka Apel (1) Datang Bulan (1) Daun Bambu (1) Daun Bayam (1) Daun Cabe (1) Daun Dewa (1) Daun Kaktus (1) Daun Mint (1) Daun Pegagan (1) Daun Pisang (1) Daun Salam (1) Daun Sirih (1) Demam Berdarah (1) Diare (1) Ekor Naga (1) Flek Hitam (1) Gelandangan (1) Getah Bening (1) Gondok (1) Gula (1) Header (1) Jambu Mete (1) Kacang Tanah (1) Kalsium (1) Kelapa (1) Kentang (1) Kerja Sama (1) Keseleo (1) Kiwi (1) Kulit Petai (1) Kumis Kucing (1) Lemak Perut (1) Lengkuas (1) Lidah Buaya (1) Luka (1) Manfaat Bawang (1) Masalah Kerongkongan (1) Mata Minus (1) Memar (1) Memori Card (1) Mentimun (1) Merica (1) Mie Palsu (1) Obat Ajaib (1) Obat Kimia (1) Obat Wasir (1) Paru Basah (1) Paru Bash (1) Penghilang Stress (1) Penyakit Kanker (1) Penyakit Kuning (1) Pepaya (1) Pertanian (1) Perut Kembung (1) Pisang (1) Putih Telur (1) Rabun Senja (1) Resep Kembar (1) Sakit Ginjal (1) Sakit Kepala (1) Sariawan (1) Selai Kacang (1) Singkong (1) Stretch Mark (1) Strobery (1) Tebu (1) Tekanan Darah (1) Tenggorokan (1) Tersangkut Tulang Ikan (1) Tolong Menolong (1) Tulang Patah (1)